Apa penyebab bentol di kaki berisi nanah?

MU Info Penanya: MU
Dok , di kaki saya ada bentol kecil isinya nanah, dan bentol e jadi besar nanah e meletus dengan darah, sekarang ada lagi di tangan , ini berturut turut sampai 3x , saya sudah berobat tapi kok muncul bentol ditempat lainnya, ini kenapa ya dok? Tolong saran obat apa biar gak muncul kembali bentol kecil ini ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MU,

Adanya benjolan berisi nanah adalah adanya infeksi pada kulit. Penyebabnya bisa infeksi pada saluran akar rambut seperti folikulitis ataupun infeksi lain sehingga menimbulkan penumpukan nanah seperti bisul dan abses, tidak jarang infeksi ini timbul di dahului infeksi kulit lain sebelumnya yang digaruk atau terkontaminasi bakteri yang disebut dengan infeksi sekunder.

Untuk mengatasinya perlu menjaga kebersihan kulit dan menuntaskan benjolan dan penyakit kulit yang mengawali. Upayakan untuk tidak memecahkan dan menggaruk jika ada kulit yang gatal terutama dengan dengan tangan yang tidak bersih. Saat ini yang bisa dilakukan adalah memeriksakan diri pada dokter untuk memberikan penanganan berupa perawatan luka pada bentol yang sudah pecah dan nantinya akan diberikan pengobatan berupa pemberian antibiotik baik minum dan oles. Jaga agar luka yang pecah tetap kering dan bersih agar infeksi tidak berlanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski befungsi untuk melindungi tubuh, bisa saja kulit mengalami penyakit seperti jerawat dan bisul

Mengenali Anatomi Kulit yang Ternyata Memiliki Begitu Banyak Fungsi

Anatomi kulit terdiri dari tiga lapisan yang memiliki fungsinya masing-masing bagi tubuh. Sebagai organ tubuh paling besar yang melindungi bagian dalam tubuh, kulit harus dijaga kesehatannya, terutama mencegah penyakit-penyakit yang biasa menyerang kulit.