Apa penyebab benjolan di leher pada anak demam?

IT Info Penanya: IT
Halo dok, saya seorang ibu yang ingin bertanya tentang kesehatan anak saya yang umurnya 4 tahun 5 bulan. Belakangan ini anak saya sering demam tinggi terutama kalo malam hari, tapi yang saya aneh adalah tentang benjolan di leher anak saya. Saya bingung kira-kira kenapa ya dok? Makasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IT,

Demam adalah tanda tubuh sedang mengalami perlawanan terhadap adanya gangguan baik karena infeksi ataupun gangguan yang melibatkan sistem imun lainnya. Demam sendiri ditandai dengan peningkatan suhu diatas 37,5 derajat celcius jadi perlu dilakukan pengukuran dengan termometer ketika anak demam.

Penyebab demam sendiri bisa beragam, mulai dari infeksi baik karena virus, bakteri atau parasit yang bisa menyerang saluran pernapasan, saluran kemih, saluran cerna ataupun lainnya, pasca imunisasi, anak kekurangan cairan, terlalu lama terpapar matahari, radang sendiri dan penyebab demam lain. Saat sistem kekebalan tubuh melakukan perlawanan, kelenjar limfe juga akan aktif sehingga bisa menimbulkan benjolan pada kelenjar getah bening salah satunya pada area leher, ketiak atau sela paha.

Selain itu benjolan di leher juga bisa disebabkan oleh penyebab lain seperti infeksi kelenjar getah bening, infeksi kelenjar ludah ataupun juga adanya gangguan pada kelenjar tiroid. Untuk itu ada baiknya memastikan penyebabnya jika demam atau benjolan menetap dalam 2 hari dengan melakukan konsultasi ke dokter anak. Untuk sementara berikan anak lebih banyak cairan, berikan penurun panas seperti paracetamol sesuai anjuran, dan juga upayakan anak berada di ruangan yang sejuk dan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi anak untuk membantu mengatasi demam yang timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merinding merupakan reaksi spontan tubuh sebagai bentuk pertahanan diri

Sebenarnya, Apa Sih Penyebab Merinding?

Penyebab merinding bisa terjadi karena reaksi refleks tubuh atas emosi dan kondisi sekitar, atau karena masalah medis berkaitan dengan tumor otak.