Apa penyebab benjolan di leher dan sering kram?

OA Info Penanya: OA, Pria
Pagi dok, saya berumur 33 th di leher saya ad benjolan,sebelum ad benjolan leher saya sering keram keram dan kadang susah mau noleh ke kanan dan kekiri
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang OA,

Benjolan di leher adalah keluhan yang bisa disebabkan oleh beberapa penyebab dimana perlu dipastikan penyebabnya dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lanjutan seperti lab darah, foto rontgen, pemeriksaan sampel dahak ataupun juga pengambilan sampel jaringan atau biopsi.

Kemungkinan penyebab benjolan leher diantaranya seperti:
  • Infeksi pada kelenjar getah bening dapat disebabkan oleh bakteri, virus ataupun infeksi lain yang spesifik seperti tuberkulosis kelenjar
  • Pembesaran kelenjar getah bening
  • Adanya tumor jinak salah satunya karena sel lemak yang membesar atau disebut lipoma
  • Adanya gangguan kelenjar tiroid
  • Dan lainnya

Rasa kram yang sering timbul sendiri dapat disebabkan karena benjolan tersebut menekan otot dan persarafan di sekitar leher sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman, nyeri sampai mengurangi pergerakan leher. Perhatikan juga gejala lain yang timbul apakah ada batuk lama, penurunan berat badan, keringat di malam hari, nyeri dada, demam ataupun gejala lain untuk membantu dokter menentukan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan di belakang telinga kadang membuat penderitanya takut dan khawatir.

Benjolan di Belakang Telinga Tidak Selalu Berbahaya, Kenali Berbagai Penyebabnya!

Benjolan di belakang telinga kadang membuat penderitanya takut dan khawatir. Padahal kenyataannya tidak selalu demikian. Terdapat berbagai kondisi, mulai dari ringan hingga berat yang dapat menyebabkan munculnya benjolan di belakang telinga.