Apa penyebab benjolan di leher bayi?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
halo dokter sehatq. anak saya usia 8 bulan muncul benjolan di lehernya. penyebabnya apa ya dokter? apakah ini berbahaya untuk anak usia 8 bulan dan apa yang harus saya lakukan untuk mengobatinya? terima kasih atas infonya dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Benjolan pada leher terutama pada bayi merupakan tanda adanya gangguan baik berupa peradangan atau infeksi atau benjolan lain yang tidak terlalu berbahaya keberadaannya.

Benjolan pada leher bayi bisa disebabkan oleh :
  1. Limfadenopati. Benjolan yang terjadi akibat pembesaran kelenjar getah bening. Ketika terjadi infeksi misal bayi sedang demam, batuk atau pilek, maka kelenjar getah bening tersebut akan aktif memproduksi antibodi sebagai pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri, virus atau parasit. Bila infeksi sudah teratasi maka kelenjar getah bening tersebut akan berangsur-angsur mengecil dengan sendirinya. Biasanya akan membaik dalam waktu 7-10 ahri.
  2. Limfadenitis TB. Pembesaran kelenjar getah bening spesifik akibat infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosa. Benjolan ini akan menetap dan semakin besar atau bertambah banyak selama infeksi bakteri tersebut belum diatasi. Biasanya bayi juga disertai dengan gejala sering demam, batuk yang tidak kunjung sembuh, berat badan susah bertambah, atau sering berkeringat.
  3. Kista.
  4. Bisul. Benjolan yang ditandai dengan kemerahan, teraba panas, dan bayi tampak kesakitan ketika benjolan disentuh.
Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi benjolan pada leher bayi Anda adalah :
  1. Kompres benjolan menggunakan air hangat.
  2. Benjolan jangan dipencet-pencet, tidak perlu diurut-urut.
  3. Beri paracetamol bila benjolan tersebut membuat bayi Anda demam.

Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter anak untuk memastikan penyebab benjolan tersebut agar bisa mendapat pengobatan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya jerawat, penyebab benjolan di belakang telinga juga bisa karena infeksi atau kista

Kenali Berbagai Penyebab Benjolan di Belakang Telinga

Penyebab benjolan di belakang telinga umumnya adalah jerawat. Namun adanya infeksi, kista, atau kanker juga dapat menyebabkan benjolan di area tersebut.