Apa penyebab benjolan di ketiak terasa nyeri sudah 3 minggu?

TH Info Penanya: TH
Selamat siang, Saya ada benjolan di ketiak saya. Benjolan ini kalau disentuh sedikit nyeri dan sakit, saya sudah menyadarinya dari 3 minggu lalu tapi tidak kempes sampai sekarang. Kira2 kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TH,

Benjolan di ketiak adalah tanda adanya permasalahan pada kulit ataupun kelenjar yang ada di area ketiak. Beberapa penyebab nyeri dan benjolan di area ketiak diantaranya adalah infeksi saluran rambut, bisul, abses akibat infeksi bakteri, infeksi kelenjar getah bening, pembesaran sel lemak yang abnormal, ataupun beragam penyebab lainnya.

Jadi jika sudah menetap dalam 3 minggu dan tidak kempes atau membesar ada baiknya diperiksakan karena bisa menandakan adanya peradangan. Nantinya akan dilakukan tanya jawab mengenai keluhan yang timbul, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan lab darah, USG, biopsi ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Penanganan sendiri akan disesuaikan dengan penyebabnya mulai dari pemberian obat, tindakan untuk menghilangkan benjolan, perawatan luka ataupun tindakan lain yang diperlukan. Untuk itu periksakan diri pada dokter spesialis kulit untuk memastikan penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

L
20 Nov 2019, 11:40
Sangat informatif, terima kasih dokter.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum obat sembarangan bisa picu resistensi antibiotik sehingga penyakit semakin sulit disembuhkan

Minum Obat Sembarangan Bisa Picu Resistensi Antibiotik

Mengonsumsi antibiotik saat sakit memang bermanfaat, asalkan sesuai dengan rekomendasi dokter. Sayangnya, banyak orang yang menyepelekan aturan minum antibiotik. Akibatnya, muncul resistensi antibiotik yang membuat bakteri penyebab penyakit, semakin sulit untuk dibasmi