Apa penyebab benjolan di ketiak kiri?

TS Info Penanya: TS, Wanita
Kadang suka sakit di bagian tengah ketiak kiri.. Di tekan seperti ada benjolan, tapi pernah berobat katanya itu hanya lemak. Hati masih penasaran, kira-kira itu apa ya dok? Bahaya tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore TS,

Penyebab benjolan ketiak diantaranya adalah infeksi pada saluran akar rambut, benjolan lemak, pembesaran kelenjar getah bening, adanya kantung berisi cairan atau kista, infeksi kulit lain seperti bisul atau abses ataupun penyebab lainnya.

Tidak jarang benjolan yang timbul bisa lebih dari satu atau terjadi bersamaan sehingga menjadi menimbulkan gejala yang beragam. Bisa saja sebelumnya ada benjolan lemak kemudian timbul infeksi kulit seperti misalnya akibat mencukur bulu ketiak, mencabut bulu ketiak, ataupun iritasi karena penggunaan deodoran bisa menjadi penyebabnya.

Untuk itu ada baiknya dipastikan kembali untuk menilai apa penyebabnya pada dokter. Jika ingin pasti juga bisa dilakukan pengangkatan benjolan tersebut dan dipastikan dengan pemeriksaan jaringan. Untuk sementara hindari produk yang bisa memicu iritasi, hindari memecahkan jika benjolan tampak keluar atau timbul mata dari benjolan tersebut, upayakan menjaga kebersihan dan kelembapan dengan rutin mengganti pakaian terutam jika berkeringat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Limfadenopati adalah bengkak pada kelenjar getah bening yang bisa jadi pertanda kanker

Limfadenopati, Bengkak pada Limfa yang Mungkin Gejala Penyakit Serius

Limfadenopati adalah bengkak pada kelenjar getah bening yang bisa jadi pertanda kanker. Gejala limfadenopati bisa berbeda-beda, tergantung dari letak pembengkakan berada.