12 Sep 2021, 22:28Penyakit Lainnya

Apa penyebab bayi mencret setelah MPASI?

T
Info Penanya: T0
Dok, sudah beberapa hari ini setiap kali anak saya makan, selalu mengalami pup yang cair. Padahal saya sudah memberikan bahan bahan makanan yang dianjurkan untuk MPASI. Kira-kira apa penyebab bayi mencret setelah MPASI? Selain itu, bahan bahan makanan yang seperti apa ya yang baik untuk pencernaan anak? Cara mengatasi agar tidak mencret gimana dok?
70 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam TMPASI atau kepanjangannya Makanan Pendamping ASI ini mulai diberikan pada bayi berusia 6 bulan guna melengkapi kebutuhan gizi yang tidak dapat terpenuhi hanya dari ASI. MPASI diberikan pada bayi melalui beberapa tahapan agar bayi bisa mengenal rasa serta tekstur makanan dan pencernaannya bisa mencerna dengan baik.

Penyebab bayi mencret setelah MPASI

Pada awal pemberian MPASI pada bayi bisa terjadi mencret atau diare yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Pencernaan bayi sangatlah rentan dan belum bisa bekerja secara optimal dalam mencerna makanan, sehingga perlu waktu adaptasi terhadap makanan selain ASI.Selain itu bisa juga terjadi intoleransi laktosa atau infeksi saluran pencernaan akibat makanan yang terkontaminasi atau peralatan makan bayi yang kurang bersih. Beberapa tanda dimana anda perlu membawa bayi anda ke dokter anak adalah bila ditemukan lendir atau darah dalam feses, berbau menyengat, BAB lebih dari 5 kali sehari, rewel, demam, atau muntah.

Jenis bahan makanan untuk MPASI yang dianjurkan agar bayi tidak mencret

Untuk tahap awal MPASI anda bisa mencoba mengenalkan bayi pada buah-buahan atau sayuran matang yang dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian bisa anda coba berikan bubur halus atau ubi-ubian dan bisa dicampurkan dengan ASI ataupun susu formula serta sumber protein lainnya seperti telur, ayam, daging, ikan dan sebagainya.Bulan berikutnya anda bisa mencoba mengenalkan bayi dengan tekstur MPASI yang sedikit lebih kasar serta penambahan jenis bahan-bahan makanan. Yang perlu diperhatikan adalah MPASI terbuat dari bahan alami yang segar, tidak diproses atau dipanaskan berkali-kali, serta dijaga kebersihan peralatan makan bayi.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
mpasiresep mpasidiare pada bayidiare
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil