07 Oct 2021, 14:00Penyakit Lainnya

Apa penyebab bayi menangis tanpa suara?

P
Info Penanya: P0
Dokter, beberapa kali anak saya kalay nangis tidak ada suara, tapi keluar air mata. Padahal sebelum nangis, dia masih tertawa dan kondisinya biasa aja tidak ada yang menyebabkan dia kesakitan. Apa penyebab dari bayi menangis tanpa suara? Bagaimana cara mengatasinya? Apakah kondisi menjadi suatu gejala dari penyakit?
101 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang PPada bayi yang belum bisa berbicara akan lebih sering mengutarakan emosinya melalui tangisan. Bayi akan menangis di saat lapar, haus, buang air kecil dan besar, rasa sakit, atau rasa tidak nyaman.Ada beberapa bayi yang tiba-tiba menangis tanpa disertai suara yang disebut dengan breath holding spell. Kondisi ini jarang ditemui pada bayi dan bisa muncul pada awal usia 2 bulan hingga 2 tahun.

Penyebab bayi menangis tanpa suara

Penyebab bayi menangis tanpa suara pada bayi anda ini bisa karena nafas spontan dan cepat saat bayi merasa terkejut atau marah. Pemicu lainnya bisa karena genetik, anemia zat besi atau adanya riwayat yang sama pada orangtua bayi. 

Cara mengatasi bayi menangis tanpa suara

Anda tidak perlu khawatir selama kondisi ini jarang terjadi dan berlangsung sebentar. Saat bayi menangis tanpa suara anda bisa memberikan stimulasi dengan menempelkan handuk dingin di dahi agar bisa menarik nafas, menggendong dan memeluk bayi agar tenang.Bila sering terjadi, berlangsung lama hingga menyebabkan pingsan dan adanya kebiruan pada bayi saat menangis sebaiknya diperiksakan lebih lanjut ke dokter anak.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
mengatasi bayi rewelsindrom bayi birubayi menangismerawat bayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil