Apa penyebab batuk kronik pada anak ?

TJ Info Penanya: TJ, Pria, 2019 Tahun
Anak saya batuk dr bulan januari sama sekarang belum sembuh..sudah diperiksa kedokter dokter bilang katanya batuk karena alergi...Sudah cek lab..rongsen..bahkan suntik mantoxpun sudah saya lakukan...Tapi batuknya belum sembuh juga...Batuknya dijam jam tertentu..Kalau siang sekitar jam 12 siang atau jam 3 sore...Klau pagi jam 3 atau jam 4 pagi...atau bangun tidur...Tapi kalai batuknya sudah muntah dan lendirnya keluar..batuknya berhenti...Kalau siang batuknya kayak batyk kering jd klau dah satu jam pasti bersin bersin..klau dah berain biasanya dah berhenti batuknya...Sebenarnya batuk apa anak saya...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, TJ.

Beberapa kemungkinan penyebab dari keluhan anak anda, antara lain :

- Pertusis

- Alergi

- Asma

- Bronkitis

- Gastroesophageal refluks disease

Namun untuk memastikan penyebab dan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya periksakan anak anda ke dokter spesialis anak agar mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan anamnesa (tanya-jawab) lebih detail mengenai keluhan anda, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi. Anda juga bisa berdiskusi lebih lanjut mengenai penyebab dan diagnosis dari keluhan anak anda.

Beberapa tips yang dapat anda lakukan : Jauhkan dari asap rokok, hindari paparan debu, jaga kebersihan diri dan lingkungan.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alergi dingin tersebut akan menimbulkan gejala berupa gatal, bentol, dan kulit kemerahan

Inilah Cara Mengatasi Alergi Dingin pada Anak Untuk Pertolongan Pertama

Alergi dingin biasanya ditandai dengan gatal, ruam, dan bentol yang akan hilang dalam waktu 1-2 jam. Beberapa cara mengatasi alergi dingin pada anak, antara lain memberikan selimut dan menggunakan losion untuk meringankan reaksi alergi.