Apa penyebab anak panas naik turun sudah lima hari?

SM Info Penanya: SM, Pria, 30 Tahun
Dokter anak saya panas badannya naik turun sudah sekitar 5 hari ini dan agar sedikit rewel terutama di malam hari?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SM,

Demam adalah meningkatnya suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celcius yang bisa merupakan tanda adanya infeksi pada tubuh. Pada anak sendiri jika sudah berlangsung lebih dari 3 hari perlu segera diperiksakan pada dokter atau dokter anak untuk memastikan penyebabnya. Demam tinggi pada anak dibawah 6 tahun juga bisa memicu kejang demam.

Oleh dokter nantinya akan dilakukan pemeriksaan mulai dari wawancara mengenai keluhan yang timbul, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, pemeriksaan urine ataupun pemeriksaan lain yang dibutuhkan.

Demam terutama malam hari sendiri bisa disebabkan karena infeksi demam tifoid, dehidrasi, demam berdarah, infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran kemih dan lainnya. Upayakan mengukur panas anak dengan termometer, berikan anak penurun demam dan berikan lebih banyak asupan cairan agar demam bisa teratasi sambil segera memeriksakan pada dokter agar dipastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Suhu badan anak meningkat atau demam biasanya disertai dengan sakit kepala, keringat dingin, dan mengigil

10 Penurun Panas Alami yang Ampuh Atasi Demam Anak

Demam dapat membuat suhu badan anak meningkat, sakit kepala, keringat dingin, hingga menggigil. Ketika anak demam, sebagian orangtua mungkin akan memberikan anak obat untuk menurunkan panas. Namun tunggu dulu, ternyata ada penurun panas alami yang bisa Anda berikan kepada anak.