Apa penyakit yang menyebabkan ada cairan dalam perut?

M Info Penanya: M
Dok, adik saya beberapa hari lalu melakukan operasi. Tadinya katanya usus buntu, tapi saat operasi, dokter akhirnya melakukan penyedotan cairan dalam perut. Awalnya dikira cairan tbc, tapi ternyata negatif bakteri. Kira-kira adik saya menderita penyakit apa ya, dok? Apakah ini penyakit serius?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam M,

Asites adalah penumpukan cairan dalam perut yang bisa disebabkan oleh beberapa hal terutama terkait kegagalan beberapa organ penting dalam tubuh untuk melakukan kerjanya dengan baik.

Penyebab asites

Beberapa penyebab asites diantaranya adalah:

  • Gagal hati atau liver, sering kali diawali dengan infeksi yang menimbulkan kerusakan hati, penggunaan obat jangka panjang tanpa pengawasan dokter, riwayat konsumsi alkohol 
  • Gagal jantung
  • Gagal ginjal
  • Infeksi paru seperti misalnya infeksi tuberkulosis
  • Peradangan pankreas
  • Gangguan kelenjar tiroid
  • Keganasan atau kanker

Asites sendiri sering kali menimbulkan beberapa gejala seperti mual, muntah, sesak, nyeri perut, perut yang membengkak, sulit bernapas, penurunan nafsu makan dan lainnya.

Penanganan asites sendiri dilakukan dengan mengatasi penyebab utamanya dan melakukan tindakan untuk mengurangi penumpukan cairan seperti yang dilakukan yaitu penyedotan cairan atau disebut pungsi asites. 

Apabila belum diketahui apa penyebabnya maka perlu dilakukan evaluasi dan pemeriksaan lanjutan baik pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang seperti lab darah, USG, pemindaian dengan CT scan ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Jadi kembali periksakan adik Anda pada dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
01 Jul 2020, 01:20
Hai dok,, saya mau tanya,, saya sering gatal gatal di vagina,, bahkan bisa setiap hari,, gimana bisa mengatasi gejala itu dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
01 Jul 2020, 15:38
Selamat siang SU,
Harus menjaga kebersihan kelamin, hindari celana ketat, basuh kelamin dari depan ke belakang dan dilap kering, hindari penggunaan sabun pembersih kelamin.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya mabuk, efek alkohol terhadap tubuh adalah dapat memicu diabetes

Jangan Remehkan 13 Efek Alkohol pada Tubuh Anda Ini

Menyesap alkohol sekali-kali tidaklah masalah, tapi meminumnya secara berlebih dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan. Efek alkohol terhadap tubuh tak boleh diremehkan, karena dapat menyebabkan penyakit jantung, dan berbagai gangguan medis lainnya.