30 Jun 2020, 23:47Perut

Apa penyakit yang menyebabkan ada cairan dalam perut?

M
Info Penanya: M0
Dok, adik saya beberapa hari lalu melakukan operasi. Tadinya katanya usus buntu, tapi saat operasi, dokter akhirnya melakukan penyedotan cairan dalam perut. Awalnya dikira cairan tbc, tapi ternyata negatif bakteri. Kira-kira adik saya menderita penyakit apa ya, dok? Apakah ini penyakit serius?
11075 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam M,Asites adalah penumpukan cairan dalam perut yang bisa disebabkan oleh beberapa hal terutama terkait kegagalan beberapa organ penting dalam tubuh untuk melakukan kerjanya dengan baik.

Penyebab asites

Beberapa penyebab asites diantaranya adalah:
  • Gagal hati atau liver, sering kali diawali dengan infeksi yang menimbulkan kerusakan hati, penggunaan obat jangka panjang tanpa pengawasan dokter, riwayat konsumsi alkohol 
  • Gagal jantung
  • Gagal ginjal
  • Infeksi paru seperti misalnya infeksi tuberkulosis
  • Peradangan pankreas
  • Gangguan kelenjar tiroid
  • Keganasan atau kanker
Asites sendiri sering kali menimbulkan beberapa gejala seperti mual, muntah, sesak, nyeri perut, perut yang membengkak, sulit bernapas, penurunan nafsu makan dan lainnya.Penanganan asites sendiri dilakukan dengan mengatasi penyebab utamanya dan melakukan tindakan untuk mengurangi penumpukan cairan seperti yang dilakukan yaitu penyedotan cairan atau disebut pungsi asites. Apabila belum diketahui apa penyebabnya maka perlu dilakukan evaluasi dan pemeriksaan lanjutan baik pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang seperti lab darah, USG, pemindaian dengan CT scan ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Jadi kembali periksakan adik Anda pada dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
gagal hatigagal jantungasitesgagal ginjal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil