Apa pengobatan keputihan yang berbau dan gatal?

MU Info Penanya: MU, Wanita, 19 Tahun
Gatal gatal yang luar biasa didaerah kemaluan dan sekitar vagina juga keputihan berlebihan juga berbau serta gatal gatal disekitaran selangkangan sampai ke anus merupakan diagnosis dari?? Apakan obat untuk seorang gadis yg mengalami penyakit tersebut? Saya ingin resep obat tersebut umur saya 19 tahun
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MU.

Keputihan masih dianggap dalam batas normal jika lendir keputihan yang Anda keluarkan tidak berwarna (berwarna bening) dan tidak berbau.

Tetapi jika lendir yang dikeluarkan berwarna (putih susu atau hijau), mengeluarkan bau menyengat yang tidak sedap dan terasa gatal, maka kemungkinan besar telah terjadi infeksi jamur, bakteri ataupun parasit.

Penyebab mudahnya vagina terkena infeksi adalah hygiene yang kurang, menggunakan sabun pembersih vagina yang mengandung parfum/pewangi, sedang mengonsumsi pil kb atau obat kortikosteroid, menderita diabetes, dan pada penderita menurunnya kekebalan tubuh.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda dilakukan di rumah:

  • Hindari menggunakan pakaian yang berbahan ketat, gunakan celana dalam berbahan katun
  • Cuci tangan sebelum maupun sesudah menyentuh area vagina.
  • Selalu basuh vagina dari depan ke belakang setelah buang air kecil, untuk mencegah bakteri masuk ke dalam vagina dan menyebabkan infeksi.
  • Hindari penggunaan detergen dengan pewangi untuk mencuci pakaian. Selalu pastikan mencuci pakaian sampai benar-benar bersih.
  • Hindari penggunaan cairan pencuci vagina, atau pewangi karena dapat mengiritasi kulit, selain itu dapat menganggu keseimbangan bakteri serta PH alami dalam vagina

Untuk penanganan sesuai dengan penyebabnya, dokter akan menyarankan pemberian antibiotik atau antijamur.

Segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan untuk menentukan penyebab dan mendapatkan terapi sesuai ya.

Salam sehat,

dr. Jolinda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur yang menyebabkan rasa gatal dan perih di daerah kewanitaan

Daerah Kewanitaan Gatal dan Perih karena Kandidiasis Vagina, Lakukan Langkah Ini!

Rasa gatal, dan perih di daerah kewanitaan dapat disebabkan oleh kandidiasis vagina. Kondisi ini merupakan suatu infeksi yang umum terjadi pada wanita. Jangan sampai Anda mengabaikannya.