27 May 2021, 07:39Perut

Nyeri dada dan perut apakah sakit paru ?

PP
Info Penanya: PP0
Apa sih tanda-tanda yang biasa orang rasakan ketika menderita penyakit paru-paru? Apakah orang yang meskipun tidak sesak nafas dan tidak ada riwayat batuk berkepanjangan bisa terkena penyakit itu? Dada kanan (kadang tengah) dan perut kanan (bwh puting) saya sakit saat beraktifitas sehari-hari, apalagi ketika bangun tidur. Saya tidak sesak dan batuk. Cuma anehnya kadang berdahak dan liur kental (padahal tidak sedang batuk). Sudah pernah EKG dan dokter menjelaskan bahwa jantung saya masih normal.
83 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo P,Nyeri pada dada kanan bawah maupun nyeri perut kanan atas terlebih saat beraktifitas maupun saat sudah puasa lama (tidur), dapat disebabkan oleh peningkatan asam lambung. Adanya dahak dan liur yang kental dapat terjadi jika saluran pencernaan teriritasi yaitu oleh makanan yang pedas, asam, maupun konsumsi minuman seperti kopi, minuman bersoda dan alkohol saat perut sedang kosong. Untuk keluhan paru, umumnya ada gejala batuk dan sesak sehingga kemungkinan penyakit paru tidak tampak pada Anda.

Bukan jantung tapi asam lambung

Hasil EKG yang normal, artinya tidak ada kelainan pada jantung. Umumnya jika disebabkan oleh jantung, keluhan nyeri akan terasa pada dada kiri dan menjalar ke bahu kiri, atau terasa menusuk ke punggung belakang. Selain itu, selama koleterol normal, tekanan darah normal, dan tidak ada riwayat penyakit jantung dalam keluarga, umumnya resiko Anda mengidap penyakit jantung sangat kecil.Sebaiknya, jaga pola makan seimbang, usahakan makan dalam porsi sedikit tapi sering, selain itu jangan makan terlambat dan hindari makanan yang menyebabkan peningkatan asam lambung seperti yang sudah disebutkan diatas. Hindari juga menglakukan aktifitas berat maupun berbaring segera setelah makan, setidaknya lakukan isitrahat dalam posisi duduk selama 30menit setelah makan agar tidak menyebabkan kenaikan asam lambung yang dapat memicu mual hingga muntah. Bila perlu konsumsilah obat penurun asam lambung seperti antasida 3x sehari sebelum makan, dan lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
asam lambungmaagdispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil