Apa penderita TB kelenjar boleh hamil ?

NR Info Penanya: NR
Dok apakan orang yg sedang melakukan penyembuhan tb kelenjar bole hamil ? Apa lebih baik tunda dulu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NR,

TB kelenjar merupakan penyakit dimana terdapat infeksi bakteri tuberkulosis pada kelenjar getah bening, dan tentukan memerlukan pengobatan secara berkala minimal 6 bulan. Masa pengobatan ini dapat diperpanjang tergantung pada respon terapi dan keluhan yang masih muncul.

Untuk Anda yang saat ini sedang menjalani pengobatan TB kelenjar dan ingin hamil, sebenarnya tidak masalah. Ketika Anda hamil, maka dokter akan menyesuaikan jenis obat dan dosis obat yang digunakan sehingga aman untuk janin Anda. Namun sebaiknya dihindari hamil dulu, karena beberapa obat TBC dapat menimbulkan efek samping berupa mual, bila Anda hamil maka bisa saja keluhan mual akan semakin bertambah yang tentunya hal ini akan mempengaruhi kesehatan Anda.

Yang perlu diperhatikan adalah minum obat secara teratur dan kontrol ke dokter secara berkala serta mengurangi risiko penularan. Bila Anda mengetahui sedang hamil, maka segera sampaikan ke dokter sehingga obat dapat disesuaikan kembali dengan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan selama masa kehamilan adalah hal yang normal terjadi selama tidak terjadi infeksi

Keputihan Saat Hamil, Amankah?

Keputihan saat hamil adalah hal yang wajar terjadi. Namun, jika keputihan saat hamil berwarna kuning atau hijau, berbau menyengat, disertai dengan kemerahan dan gatal pada vagina bisa menjadi tanda dari keputihan yang abnormal dan tidak wajar.