30 Apr 2021, 11:49Psikologi

Gangguan kepribadian ambang, apa yang harus dilakukan?

RN
Info Penanya: RN, Wanita, 22 Tahun
teman saya orang yg kurang mampu untuk konsultasi dng dr. Dulu sya paksa untuk konsul hasilny malah nihil Katanya depresi sedang. Padahal sudh bayar mahal2 tpi dites saja tidak. Malah sesi curhat selama 2 jam. Masalahnya adalah dia ini sakit BPD karena 6 dari 7 gejala ia sudh mersakan. Apa penyebabnya dok, apakah bisa sembuh? Kenapa diabtakut sekali ditinggalkan dok? Apa cinta pertama yg mmebuat dia bgtu?soalny hanya cinta pertamanya yg ninggalin dia. Apa yg saya bisa lakukan sbgai teman?
54 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, RTerima kasih atas pertanyaan andaGangguan kepribadian ambang atau sering disebut juga dengan borderline personality disorder (BPD) merupakan suatu gangguan mental berupa ketidakstabilan emosi, cara pikir dan hubungan dengan orang lain. Untuk mendiagnosa gangguan kepribadian ambang, perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter speisalis jiwa untuk dilakukan wawan cara mendis yang terstruktur. 

Beberapa gejala pada gangguan kepribadian ambang diantaranya adalah:

  • Keinginan untuk bunuh diri atau menyakiti diri sendiri
  • Paranoid 
  • Adanya ketidakstabilan dalam hubungan dengan orang lain
  • Merasa takut ditinggalkan atau kehilangan yang dirasakan secara berlebihan
  • Mudah marah atau terpancing emosi
  • Mood atau suasana hati yang mudah berubah
  • Persaan hampa atau kosong
Beberapa penyebab dari gangguan kepribadian ambang ini beragam mulai dari faktor keturunan, faktor lingkungan hingga adanya kelainan di otak. Selain itu, adanya beberapa kondisi seperti masalah keluarga, hubungan sosial, riwayat trauma psikologis dan atau riwayat pelecehan seksual juga bisa menjadi faktor risiko gangguan kepribadian ambang. Terkait dengan kondisi teman selain gangguan kepribadian ambang, bisa juga terjadi karena depresi, gangguan cemas, stres, atau karena masalah psikologis yang lain. Untuk itu, disarankan melakukan konsultasi dengan dokter sepsialis jiwa baik secara online atau dengan periksa secara langsung ke dokter spesialis jiwa terdekat. Agar mendapatkan pengobatan yang sesuai. Sehingga tidak melakukan diagnosa sendiri tanpa melakukan pemeriksaan dokter. Tatalaksana yang bisa dilakukan sementara adalah dengan berusaha berpikiran positif, bercerita dengan keluarga atau teman terdekat bila ada masalah, hindari kelelahan, atasi stres dengan baik, tetap konsumsi makanan sehat bergizi, lakukan hobi, dan lakukan olahraga ringan dengan rutin agar tubuh tetap sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
depresitips kesehatangangguan kepribadian ambanggangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil