Apa jenis makanan bagi yang kadar kolestrolnya tinggi?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hai dokter, Ibu saya kolestrolnya 275 mg/dL.. Yang saya heran padahal ibu termasuk orang yang mengonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi seperti Yoghurt. Apa ya dok pantangan makanan bagi yang kadar kolesterolnya tinggi.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kolesterol adalah lemak yang bermanfaat bagi tubuh. Namun bila kadarnya didalam darah terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan menggangu aliran darah. Kolesterol Anda termasuk tinggi, karena kadar kolesterol total normalnya <200 mg/dL, trigliserida <150 mg/dL, HDL : >60 mg/dL atau lebih, LDL : <100 mg/dL.

Kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan penyumbatan yang terjadi di pembuluh arteri jantung, sehingga otot jantung akan kurang mendapat nutrisi. Serangan jantung dapat terjadi saat aliran darah ke jantung tersumbat total, stroke dapat terjadi saat aliran darah ke otak tersumbat, penyakit arteri perifer dapat terjadi saat aliran darah ke tungkai tersumbat.

Penyebab kolesterol tinggi adalah gaya hidup tidak sehat, konsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh, penyakit seperti obesitas, diabetes. Cara menurunkan kolesterol bisa dengan cara olahraga minimal 30 menit dalam sehari, diet makanan sehat, seperti banyak konsumsi ikan dan makanan dengan kandungan omega 3, alpukat dan kacang-kacangan. Hindari  makanan dengan cara digoreng, sebagai alternatif, olah makanan dengan cara dipanggang, direbus atau dikukus.

Namun jika dengan perubahan gaya hidup dan pola hidup sehat kolesterol Anda masih tinggi, sebaiknya Anda konsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan terapi obat-obatan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

gagal jantung berhubungan dengan detak jantung tak beraturan

Ukur Detak Jantung Normal untuk Deteksi Gagal Jantung!

Memiliki detak jantung normal menandakan kesehatan jantung yang baik. Kondisi detak jantung yang cepat dan tidak beraturan bisa sebabkan gagal jantung!