Apa pantangan bagi penderita endometriosis?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dokter, aku baru cek beberapa hari yang lalu dan ternyata ada endo sebesar 2.6cm d bagian kiri dan menarik rahimku agak kebawah. Aku juga keputihan dok. Hasil cek kemarin, endonya sudah melekat di bagian usus.Apa pantangannya ya dok kalo ngalamin endo? Angkat berat ga bole ya?makasi dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Endometriosis adalah kondisi dimana jaringan endometrium yang seharusnya tumbuh di rahim malah tumbuh di tempat lain seperti ovarium, tuba falopi, dan organ-organ lainnya yang ada di rongga panggul dan rongga perut seperti melekat pada lapisan luar usus seperti yang Anda alami saat ini.

Endometriosis sendiri sering menimbulkan gejala berupa :

  1. Nyeri perut bagian bawah tengah yang sangat berat ketika menjelang haid sampai beberapa hari selama haid.
  2. Nyeri ketika berhubungan seksual.
  3. Nyeri ketika kencing.
  4. Perdarahan yang banyak atau perdarahan diluar siklus haid.
  5. Diare atau sulit BAB.

Penyebab endometriosis sendiri belum diketahui secara pasti, namun adanya faktor-faktor risiko dibawah ini akan membuat seseorang lebih rentan mengalami endometriosis :

  1. Faktor genetik turunan dalam keluarga.
  2. Menstruasi retrograde. Darah menstruasi yang seharusnya keluar melalui rahim malah berbalik dan masuk ke dalam tuba falopi.
  3. Merokok.
  4. Daya tahan tubuh yang tidak baik.

Pencegahan endometriosis sendiri lebih ke arah menjaga pola hidup sehat seperti perbanyak konsumsi sayur dan buah, minum banyak air putih, tidur secara teratur dan tidak begadang, hindari merokok untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sedangkan bila Anda sudah didiagnosa endometriosis maka sebaiknya segera melakukan pengobatan yang sudah dianjurkan oleh dokter kandungan berupa terapi hormon dan melakukan pemeriksaan USG secara berkala. Bila endometriosis semakin membesar atau menimbulkan nyeri yang sangat berat maka mungkin perlu dilakukan tindakan operasi. Karena endometriosis bila dibiarkan akan mengganggu kesuburan dan menjadi susah memiliki anak. Tetap bisa memiliki anak namun lebih kecil kemungkinannya dibanding wanita lain yang tanpa endometriosis.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.