Apa olahraga untuk pasien dengan penyakit jantung?

K Info Penanya: K, Wanita, 27 Tahun
Dokter olahraga buat org sakit jtg gimn?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, K.

Pasien dengan penyakit jantung sangat harus memperhatikan kesehatan fisik dan mental agar menjaga stabilitas tekanan darah dan ritme nadinya. Aktivitas fisik yang berlebih sangat tidak disarankan pada pasien dengan penyakit jantung. Aktivitas fisik seperti olahraga dapat memicu naiknya tekanan darah.  Beberapa jenis sakit jantung yang tidak diperbolehkan atau sangat dibatasi melakukan aktivitas fisik, yaitu:

  1. Penyakit jantung iskemik. Pasien sangat dibatasi untuk melakukan aktivitas fisik, bahkan pada olahraga ringan sekalipun. 
  2. Gagal jantung kongestif. Sebaiknya pasien menghindari diri dari berenang.
  3. Penyakit katup jantung.
  4. Memakai alat pacu jantung. 

Yang perlu diperhatikan oleh pasien dengan penyakit jantung saat berolahraga, yaitu:

  1. Konsultasikan dengan Dokter Spesialis Jantung atau Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik Anda untuk mengetahui olahraga apa yang tepat untuk Anda.
  2. Lakukan olahraga yang bersifat aerobik, seperti berjalan kaki, sepeda santai, yoga, yang dapat memicu pelepasan hormon endorfin. Hormon endorfin membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar sehingga aliran darah lebih lancar.
  3. Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan.
  4. Olahraga yang bersifat aerobik dapat dilakukan selama tiga puluh menit secara rutin tiga sampai lima kali dalam seminggu. 
  5. Selalu monitor denyut nadi Anda.

Yang perlu diingat bahwa selain olahraga ringan, pasien dengan penyakit jantung juga harus mendapatkan tidur yang cukup dan modifikasi gaya hidup, seperti hindari makanan berlemak, kolesterol, tidak merokok, dan menghindari kondisi emosional tertentu.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga untuk penderita diabetes berguna dalam menurunkan kadar gula darahnya

7 Jenis Olahraga untuk Penderita Diabetes, Mana Yang Cocok untuk Anda?

Manfaat olahraga untuk penderita diabetes sangatlah beragam. Mulai dari menurunkan kadar gula hingga melawan gangguan insulin. Tapi apa sajakah jenis olahraga untuk penderita diabetes yang sebaiknya dilakukan?