09 Feb 2021, 22:03Penyakit Lainnya

Apa obat untuk rematik yang ampuh?

F
Info Penanya: F, Wanita, 26 Tahun
Dokter, ibu saya belakangan ini mengonsumsi obat herbal untuk mengobati rematiknya. Namun, belum ada perubahan. Kira-kira obat untuk rematik yang pengobatannya efektif dan cepat apa ya, Dok?
410 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, FTerima kasih atas pertanyaannya.Reumatik atau dalam bahasa medis dinamakan sebagai artritis.  Kondisi ini ditandai dengan rasa nyeri pada persendian.  Reumatik yang paling sering terjadi yaitu artritis reumatoid dan osteartritis.  Kedua kondisi ini berbeda dalam penyebab dan beberapa gejala.  Pada artritis reumatoid disebabkan oleh antibodi tubuh yang menyerang sendi sehingga akan mengalami sendi yang sakit dan kaku terutama pada pagi hari.  Sedangkan osteoartritis akan mengalami rasa nyeri persendian, bengkak serta menganggu untuk berjalan karena faktor usia dan penuaan. Pengobatan penyakit reumatik bertujuan untuk mengurangi gejala dan mengontrol fungsi persendian agar tidak semakin parah dan membuat kesulitan dalam beraktivitas.  Pengobatan yang diberikan dokter biasanya mengandung antiperadangan (NSAID) serta antinyeri.  Gel atau krim yang mengandung mentol dapat mengalihkan rasa nyeri di sendi.  Penggunaan obat antiradang terkadang menimbulkan beberapa efek sehingga perlu pengaturan dosis dan penggunaan sesuai anjuran dokter.

Efek samping pengobatan reumatik :

  • Iritasi pada lambung sehingga menyebabkan sakit perut, mual, muntah atau penuh pada ulu hati
  • Gangguan pencernaan seperti diare, sakit perut.
  • Terkadang sering sendawa dan buang angin.
Selain dengan pengobatan, olahraga senam reumatik atau berenang, kompres hangat dan dingin, menjaga berat badan seimbang, menggunakan alat bantu berjalan dapat mencegah keparahan dan membantu mengurangi rasa nyeri persendian pada reumatik.  Untuk itu, periksa ke dokter spesialis penyakit dalam bagian reumatologi bila keluhan orangtua anda sudah lama dan menetap.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
artritisrematikosteoarthritisartritis rheumatoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil