Apa obat untuk penderita impotensi?

S Info Penanya: S, Pria, 35 Tahun
Obat untuk penderita impotensi apa y dr
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SS,

Impotensi adalah ketidakmampuan memulai atau mempertahankan ereksi dan juga penurunan hasrat seksual dimana penyebabnya adalah masalah psikologis seperti rasa cemas dan stres, gaya hidup tidak sehat, gangguan pada alat reproduksi, mengalami penyakit lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi, cedera tulang belakang, efek obat-obatan, gangguan hormonal, kebiasaan merokok dan lainnya.

Untuk mengatasi impotensi sendiri dapat dilakukan beberapa cara seperti:

  • Mengatasi faktor pemicu terutama jika penyebabnya adalah kondisi psikologis
  • Perbaiki gaya hidup dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, rutin berolahraga, hindari kebiasaan merokok, dan cukup beristirahat
  • Atasi penyakit penyerta yang memicu impotensi seperti diabetes atau tekanan darah tinggi
  • Menggunakan obat tetapi perlu pemeriksaan dokter terlebih dahulu

Hindari menggunakan obat kuat seperti misalnya jamu-jamuan, obat viagra ataupun alat tertentu terutama jika memiliki riwayat tekanan darah tinggi, gangguan jantung, gangguan ginjal dan hati, ataupun gangguan pembuluh darah karena bisa menimbulkan efek samping yang beragam. Periksakan diri pada dokter spesialis andrologi agar dipastikan penyebabnya dan dilakukan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wanita dengan disfungsi seksual biasanya mengalami penurunan gairah seksual

Bahaya Disfungsi Seksual pada Wanita dalam Hubungan Intim

Disfungsi seksual tidak hanya terjadi pada pria, tetapi wanita juga mengalaminya. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat memengaruhi kualitas hubungan Anda dan pasangan. Dampak disfungsi seksual pada wanita, antara lain penurunan gairah seksual, sulit terangsang, sulit orgasme, dan nyeri saat berhubungan intim. Untuk mengatasinya, Anda dapat menambah variasi foreplay dan teknik saat melakukan hubungan intim.