Apa obat untuk kulit bayi bruntusan?

VU Info Penanya: VU, Wanita, 24 Tahun
Dokter anak saya balita umur 2bulan, sebelumnya saya ibu muda, anak saya pipi kanan kiri dan dagu bruntusan, akibat air asi yang tidak pernah sya bersihkan,, setelah itu saya kasih krip hydrocotisom untuk anak recomendasi bidan temen saya lama kelama.an menjadi putih seperti panuu kemudian saya kasih baby dex a tetapi bercak putih seperti panu tidak bisa hilang, obat apa yang bisa mengembalikan pipi anak saya... Terimakasiihh sebelumnya dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang VU,

Bercak putih pada kulit bayi adalah keluhan pada kulit yang bisa timbul karena berbagai penyebab mulai dari jerawat bayi atau milia sehingga tampak bruntusan, paparan alergen, biang keringat, infeksi karena jamur, bakteri atau parasit ataupun juga karena tanda lahir.

Pemberian hidrokortison yang merupakan golongan kortikosteroid bisa memicu pertumbuhan mikroorganisme salah satunya adalah jamur. Sehingga jika tidak tepat indikasinya bisa menimbulkan keluhan kulit yang lebih berat. Untuk itu ada baiknya memeriksakan anak Anda pada dokter anak untuk memastikan penyebabnya terlebih jika masih 2 bulan. Hindari memberikan sembarangan krim terutama jika bukan atas pemeriksaan dokter karena organ tubuh anak belum benar-benar sempurna untuk bisa memetabolisme obat tersebut.

Jika ternyata nantinya penyebabnya adalah infeksi jamur seperti misalnya panu maka penanganan akan berbeda. Upayakan menggunakan produk perawatan bayi yang hypoallergenic sehingga tidak menimbulkan iritasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan mencukur bulu ketika adalah salah satu penyebab timbulnya bisul ketiak

Bisul di Ketiak Bisa Muncul Karena Kebiasaan Ini

Bisul adalah infeksi folikel rambut atau kelenjar minyak di kulit. Bisul pada ketiak dapat muncul akibat keringat berlebih, kebersihan ketiak yang buruk, hingga kebiasaan mencukur bulu ketiak. Meski begitu, bisul ketiak bukanlah suatu kondisi yang berbahaya.