Apa obat untuk infeksi gigi?

YR Info Penanya: YR, Wanita, 24 Tahun
Hallo dok saya mau tanya saya ada infeksi di gusi dok awalnya sakit gigi dok lama kelamaan gusi saya bengkak dok dan timbul benjolan di bawa leher saya dok.. Benjolan itu pecah tapi tak kunjung sembuh2 dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore YR,

Benjolan di leher seringkali disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening yang menandakan adanya infeksi yang sedang terjadi di dalam tubuh. Pada kasus Anda dimana awalnya sakit gigi, kemudian muncul gusi yang bengkak dan disertai dengan benjolan di leher yang tidak kunjung sembuh, maka menunjukkan bahwa proses infeksi gigi masih berlangsung.

Gigi berlubang akan menyebabkan bakteri berkembang biak dan bila tidak mendapat penanganan segera seperti ditambal, maka bakteri akan semakin menyebar ke gusi menimbulkan abses gusi, ke leher , bahkan bisa ke seluruh tubuh yang ditandai dengan tubuh demam.

Beberapa cara untuk mengurangi pembengkakan tersebut adalah dengan cara rutin kumur menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit garam, hindari memecahkan benjolan pada gusi, namun karena sudah ada benjolan di leher, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk penanganan gigi berlubang dan peresepan antibiotik agar infeksi tidak semakin menyebar.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya jerawat, penyebab benjolan di belakang telinga juga bisa karena infeksi atau kista

Kenali Berbagai Penyebab Benjolan di Belakang Telinga

Penyebab benjolan di belakang telinga umumnya adalah jerawat. Namun adanya infeksi, kista, atau kanker juga dapat menyebabkan benjolan di area tersebut.