Apa obat untuk gatal-gatal yang tidak kunjung sembuh dan dirasakan oleh sekeluarga ?

Z1 Info Penanya: Z1
Mau tanya dok saya punya penyakit gatal gatal tapi gak sembuh sembuh.kalau pun sembuh beberapa hari kambuh lagi saya udah berobat kesana kamari dan satu keluarga gatal gatal semua.apa ya dok obat nya sebelum dan sesudah nya saya ucapkan terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Z.

Terimakasih atas pertanyaannya.

Gatal gatal pada kulit yang tidak kunjung sembuh, dapat disebabkan oleh berbagai kondisi medis seperti alergi, penyakit autoimun, penyakit genetik atau keturunan, gigitan serangga, iritasi terhapat zat tertentu dan sebagainya.

Namun jika dirasakan oleh satu keluarga dalam waktu yang bersamaan, dapat disebabkan oleh kudis atau skabies. Penyebab dari kudis sendiri merupakan tungau kecil yang bernama Sarcoptes scabiei. Penularannya dapat sangat cepat karena ditularkan melakui kontak fisik atau penggunaan pakaian bersama.

Beberapa gejala yang ditimbulkan oleh kudis antara lain :
  • Rasa gatal yang semakin terasa pada malam hari
  • Terdapat ruam atau benjolan dibawah kulit seperti terowongan
  • Daerah yang terkena umunya peregelangan tangan, siku, ketiak, pinggang, penis, bokong, daerah jari, dan puting susu.
  • Terjadi pada sekelompok orang yang tinggal bersama karena penularan yang mudah

Pengobatan kudis perlu dilakukan dengan telaten karena dapat berulang atau terjadi infeksi kembali selama tungau masih ada, baik dalam bentuk telur, larva maupun dewasa.

Kami sarankan untuk Anda dan keluarga berobat ke dokter Spesialis Kulit, dan mengikuti anjuran pemakaian obat serta cara memberantas tungan hingga tuntas, sehingga tidak kambuh kembali.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bentol, gatal, dan rasa panas termasuk gejala yang bisa terjadi akibat sengatan semut api

Semut Api Bisa Menyengat Berkali-kali, Begini Cara Mengatasi Racunnya

Bagi sebagian besar orang, gigitan semut hanyalah menimbulkan sedikit rasa sakit dan ketidaknyamanan. Akan tetapi gigitan atau tepatnya sengatan semut api bisa menimbulkan nyeri, gatal, panas seperti terbakar dan lepuh di kulit. Pada orang yang mengalami reaksi alergi hebat terhadap racun semut api, gejalanya bisa mengancam nyawa.