Apa obat untuk ambeien

SA Info Penanya: SA, Pria
Ambeien obatnya apa yabu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SA,

Ambeien atau wasir yang bahasa medisnya adalah hemorrhoid merupakan pelebaran pembuluh darah di area anus yang bisa menimbulkan sejumlah gejala tergantung dari tingkatan berat ringannya wasir yang timbul.

  • Pada tingkat 1 wasir dapat menimbulkan gejala seperti buang air besar berdarah, berwarna merah terang terutama di akhir buang air besar, dapat disertai gatal pada anus dan nyeri saat buang air besar ataupun saat duduk
  • Pada tingkat 2 dapat menimbulkan benjolan yang dapat hilang timbul sendiri
  • Pada tingkat 3 dapat menimbulkan benjolan yang perlu didorong untuk bisa kembali masuk
  • Pada tingkat 4 benjolan tidak bisa didorong masuk kembali

Penanganan wasir sendiri tergantung dari berat ringannya gejala dimana pada tingkat awal bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup dan obat oles ataupun obat antihemoroid yang dimasukan lewat anus. Penting untuk meningkatkan asupan serat dan banyak minum agar buang air besar tidak keras dan memicu wasir menjadi lebih berat. Tetapi jika sudah lebih lanjut perlu penanganan oleh dokter baik dilakukan penyuntikan untuk mengecilkan benjolan ataupun tindakan operasi untuk menghilangkan benjolan. 

Jika mengalami batuk lama, kebiasaan banyak duduk, banyak mengangkat beban berat, kurang bergerak ataupun sulit BAB maka perlu diatasi karena dapat menjadi pemicu wasir dan bisa memperbarat wasir. Periksakan diri pada dokter untuk menilai berat ringannya wasir yang timbul dan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Reaksi tubuh atas alergi laktosa terjadi hanya selang beberapa jam setelah mengonsumsi produk olahan susu

Kenali Tanda dan Gejala Alergi Laktosa

Jika Anda mengalami nyeri perut setelah mengonsumsi produk olahan susu, kemungkinan besar Anda mengalami alergi laktosa. Kenali gejala dan tanda alergi laktosa untuk membedakan dengan penyakit pencernaan lainnya.