Apa obat krim vitiligo

A Info Penanya: A, Pria, 39 Tahun
abat krim vitiligo apa dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Melanjutkan pembahasan mengenai vitiligo di topik sebelumnya pada tautan ini.

Terapi untuk vitiligo dapat dilakukan untuk membantu mengurangi gejala tetapi tidak menyembuhkan sampai tuntas. Dimana penanganan dengan oles tunggal saja tidak cukup memberikan hasil maksimal dan perlu dilakukan terapi kombinasi dengan fototerapi agar memberikan hasil yang lebih baik.

Beberapa obat oles atau krim yang dapat digunakan adalah diantaranya memiliki kandungan seperti kortikosteroid, tacrolimus, atau hydroquinone tetapi penggunaannya perlu dalam pengawasan dokter karena penggunaan perlu diberikan jangka panjang dimana dapat menyebabkan efek seperti kulit menjadi tipis, lebih kering, dan juga kulit menjadi rapuh ataupun juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk itu tetap harus melakukan konsultasi dan pemeriksaan pada dokter spesialis kulit untuk penanganan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda saat ini. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab stretch mark pada ibu hamil adalah peningkatan berat badan dan menimbulkan rasa gatal

Kenali Penyebab Stretch Mark Berikut Ini pada Ibu Hamil

Meski tidak berbahaya untuk ibu maupun bayi di dalam kandungan, munculnya stretch mark pada ibu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman akibat rasa gatal. Timbunya stretch mark saat hamil dapat disebabkan oleh peningkatan berat badan yang wajar dialami oleh ibu hamil.