Apa obat batuk alami dari makanan?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, ada ga sih obat batuk alami yang dari bahan makanan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF.

Batuk adalah kondisi refleks yang dilakukan tubuh, ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tenggorokan, seperti alergen, virus, atau bakteri. Jika batuk terjadi berkali-kali dan tidak berkesudahan, kemungkinan ada benda asing yang tidak dapat keluar di dalam saluran pernapasan.

Penyebab Batuk

Perlu diketahui, batuk bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah gejala dari penyakit. Biasanya batuk akan disertai gejala lainnya, seperti dahak yang susah keluar, sesak napas, bahkan demam. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan batuk adalah:

  • Radang tenggorokan atau radang amandel
  • Common cold (selesma)
  • Batuk alergi
  • Tuberkulosis, yaitu penyakit infeksi paru karena bakteri tahan asam Mycobacterium tuberculosis
  • PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis)
  • Asma, yaitu penyempitan saluran napas sementara karena alergen

Apabila mengalami batuk, pastikan untuk menghindari dulu udara berpolusi, berdebu, atau berasap. Hindari juga mengonsumsi makanan yang pedas dan berminyak, agar tidak memicu terjadinya lendir di tenggorokan. Jika disebabkan oleh alergi, hindarilah alergen pencetusnya.

Lalu, konsumsilah air putih hangat, serta beberapa bahan alami yang dipercaya dapat meringankan batuk. Misalnya dengan jahe, dimana jahe memiliki kandungan antiradang serta antibakteri. Atau, bisa juga mengonsumsi madu, yang juga memiliki sifat antibakteri.

Tetapi, jika batuk tak kunjung membaik dengan bahan alami, sebaiknya segera periksakan kondisi Anda kepada dokter spesialis paru. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti laboratorium atau rontgen thorax. Dengan demikian, akan diberikan obat-obatan yang sesuai dengan penyebab batuk Anda.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menghilangkan lendir di dada menjadi salah satu manfaat minyak eucalyptus.

Tidak Hanya Meredakan Batuk, Ini 9 Manfaat Minyak Eucalyptus Lainnya

Selama ini, minyak eucalyptus seringkali digunakan untuk meredakan gejala batuk. Ternyata, minyak yang diekstrak dari dedaunan pohon eucalyptus ini begitu serba guna. Apa saja manfaat minyak eucalyptus yang beraneka ragam itu?