Apa obat asam urat yang ampuh?

PR Info Penanya: PR
Dokter, suami saya umur 33 tahun, tapi sudah mengalami penyakit asam urat dok. Sudah sempat periksa dan asam uratnya cukup tinggi. Tapi saya masih bingung dok bagaimana mengontrol asam urat suami saya agar tidak kambuh dan apakah ada obat asam urat yang ampuh? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PR,

Asam urat adalah hasil pemecahan purin dimana kadarnya bisa meningkat jika banyak mengonsumsi makanan yang tinggi purin seperti organ hewan atau jeroan contohnya usus, otak, paru, babat, hati, daging merah, sayuran hijau, olahan laut contohnya udang, kerang, kepiting, telur ikan, ataupun melinjo dan olahannya seperti emping dan beberapa makanan lain. Selain itu minuman seperti soda, minuman beralkohol seperti bir juga perlu dihindari karena mengandung purin yang bisa meningkatkan asam urat.

Untuk pengobatan asam urat sendiri dibedakan ketika terjadi serangan seperti nyeri sendi ataupun adanya peradangan sendi atau gout arthritis. Dimana perlu diredakan dahulu gejalanya sebelum diberikan obat yang membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Kadar asam urat sendiri pada pria normalnya adalah kurang dari 7 mg/dL dan pada wanita kurang dari 6 mg/dL.

Selain itu penting juga mengonsumsi lebih banyak air putih karena asam urat akan dimetabolisme dan dibuang melalui urine oleh ginjal, dimana bisa memicu batu ginjal jika tidak dikelola dengan baik. Upayakan juga menjaga berat badan ideal, dan rutin berolahraga untuk menjaga kadar asam urat tetap normal. Periksakan diri juga pada dokter atau dokter penyakit dalam untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ankylosing spondylitis dapat menimbulkan rasa yang sangat menganggu di tulang belakang

Kenali Penyebab Nyeri Sendi yang Umum Terjadi

Penyebab nyeri sendi yang biasanya timbul tidak hanya berkisar pada asam urat saja, tetapi juga bisa dipicu oleh ankylosing spondylitis ataupun bursitis. Nyeri sendi yang timbul pada tulang belakang ini umumnya membuat ruas-ruas tulang belakang menyatu dan terasa sakit, hingga menimbulkan postur membungkuk.