Apa obat alergi detergen?

DI Info Penanya: DI, Pria, 21 Tahun
Halo dok saya mau tanya, obat alergi detergen apa ya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DI,

Reaksi alergi merupakan tanda adanya ketidakcocokan sesuatu terhadap tubuh. Reaksi alergi ini dipicu oleh alergen yang dapat berupa makanan (seafood, coklat, telur, kacang), cuaca dingin, debu, bahan kimia (sabun, klorin, kaporit, dll). Reaksi alergi ini bisa menimbulkan gejala berupa ruam kemerahan di kulit, gatal, kulit menjadi kering dan mengelupas, sesak napas, muka bengkak.

Alergi ini tidak dapat disembuhkan, yang bisa dilakukan hanyalah mencegah supaya jangan terjadi alergi kembali dengan cara :

  1. Menghindari faktor pencetus alergen. Pada kasus Anda yang alergi detergen, maka Anda bisa menggunakan sarung tangan ketika mencuci, atau memilih detergen khusus untuk kulit sensitif, gunakan pelembab tangan setelah mencuci, hindari menarik kulit yang mengelupas.
  2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  3. Cukup istirahat.

Bila muncul gelembung berisi cairan, tangan terasa sangat panas dan gatal, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Waspadai bahaya yang mengintai akibat tembok berjamur bagi kesehatan Anda

4 Dampak Buruk Tembok Berjamur Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Tembok rumah jadi tempat yang nyaman bagi jamur untuk berkembang biak. Maka dari itu, waspadai bahaya yang mengintai akibat tembok berjamur bagi kesehatan Anda.