Apa nyeri pada payudara disebabkan oleh kanker?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dokter, beberapa kali saya merasakan sedikit nyeri pada area payudara, terutama saat haid. Apakah ini tanda-tanda kanker? Mohon infonya ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Nyeri di payudara dapat dirasakan di bagian atas sebleah luar payudara dan menjalar hingga ketiak dan lengan. Tidak perlu khawatir berlebihan ketika mengalami nyeri pada payudara belum tentu Anda mengalami kanker payudara. 

Beberapa penyebab yang dapat memicu nyeri pada payudara :

  1. Menstruasi
    Biasanya nyeri akan di rasakan 3 hari sebelum menstruasi akan menetap selama menstruasi dan akan membaik setelah menstruasi selesai. Penyebabnya adalah perubahan hormon.
  2. Mastitis
    Peradangan pada payudara dapat menyebabkan bengkak dan nyeri pada area payudara.
  3. Fibroadenoma
    Benjolan di payudara yang merupakan tumor jinak pada payudara.

Untuk mengatasi nyeri pada payudara Anda dapat menggunakan ukuran bra yang sesuai, mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh, mengurangi asupan kafein dan berhenti merokok, Anda bisa mengkompres hangat untuk meringankannya.

Namun jika muncul gejala seperti perubahan bentuk dan ukuran payudara, keluar cairan yang disertai darah pada payudara, ruam di sekitar puting atau perubahan bentuk puting, bengkak atau benjolan disertai nyeri di ketiak, puting tertarik ke dalam. Segera konsultasikan lebih lanjut kondisi Anda ke dokter bedah.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga terbukti mengurangi gejala kanker, seperti tekanan darah tidak stabil

5 Manfaat Yoga Bagi Penderita Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan yoga dengan cara yang tepat dapat meningkatkan kualitas hidup dan semangat bagi penderita kanker. Yoga telah terbukti dapat mengurangi gejala kanker dan menghasilkan banyak manfaat. Namun, penderita kanker harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum melakukan yoga. Hal itu berkaitan dengan jenis yoga yang aman dan cocok untuk penderita.