26 Jun 2021, 23:34Perut

Apa nyeri dada setiap hari dan setiap saat pada penderita GERD wajar?

QR
Info Penanya: QR0
Hi dokter, apakah nyeri dada setiap hari dan setiap saat (tidak hilang timbul) bagi penderita maag akut/GERD itu wajar? Karena saya hampir 2 bulan ini mengalami nyeri dada kanan dan kiri seperti menusuk-nusuk, padahal kondisi perut sudah tidak nyeri. Saya adalah penderita GERD baru dan pertama dikeluarga saya, makanya saya sangat bingung dan takut akan hal itu. Saturasi sehari-hari baik, oksigen 95 keatas dan nadi 60 keatas, tidak merasa sesak (kecuali saat kondisi aslam naik itupun jarang)
253 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi QR,GERD adalah kondisi yang mana asam lambung naik ke tenggorokan sehingga menimbulkan keluhan dada panas, napas terasa tidak longgar, napas berat, sering bersendawa, tenggorokan terasa mengganjal, terasa ada dahak di tenggorokan, dll. Hal ini terjadi akibat gangguan lambung.

Penyebab GERD:

  • Sering terlambat makan, sekalinya makan langsung banyak dan pedas.
  • Sering makan makanan pedas, asam, kopi, soda.
  • Banyak pikiran. Kondisi banyak pikiran tanpa disadari akan memicu produksi asam lambung semakin banyak sehingga lambung teriritasi dan lemahnya sphincter esofagus akan membuat GERD ini.
  • Berat badan berlebihan.
Mengenai kondisi Anda yang dada terasa nyeri terus menerus meski lambung tidak sakit maka bisa saja disebabkan oleh GERD, infeksi paru, faktor kecemasan, dll. Untuk memastikannya Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam. Nnatinya dokter akan menyarankan rekam jantung atau foto rontgen guna memastikan kondisi organ lainnya. Sementara ini perbaiki pola makan dan jangan stres. Biasakan untuk makan porsi kecil namun sering, lakukan olahraga agar badan lebih bugar dan otot tidak mudah kram. Kompres dada yang nyeri menggunakan air hangat.Salam sehat,dr. Vina
gerdinfeksi paru-parunyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil