Apa mungkin dalam 2 minggu sudah terdeteksi HIV?

DP Info Penanya: DP, Pria, 219 Tahun
Selamat pagi, mau tanya, apakah jika seseorang berhubungan beresiko (oral) dengan seseorang yang positif hiv virusnya langsung terdeteksi 2 minggu setelahnya? Tadi waktu tes ternyata hasilnya reaktif, tapi apakah mungkin bisa secepat itu? Atau mungkin tertular dari orang-orang sebelumnya? Terima kasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DP,

HIV merupakan virus yang akan menyebabkan penyakit AIDS yang sangat berbahaya dan mematikan karena akan menyerang sistem kekebalan tubuh. Virus ini akan ditularkan melalui paparan cairan tubuh seperti air mani dan cairan vagina serta darah orang pengidap HIV AIDS akibat berhubungan seksual tanpa menggunakan kondom, melakukan oral seks, memakai jarum suntik secara bergantian saat memakai narkoba.

Untuk deteksi dini apakah di tubuh mengandung HIV bisa dilakukan :

  1. Pemeriksaan antibodi, dimana antibodi ini akan terbentuk dalam waktu minimal 2-8 minggu setelah seseorang terpapar HIV.
  2. Pemeriksaan kombinasi antigen dan antibodi, dimana akan menunjukkan hasil positif dalam waktu 2-4 minggu setelah terpapar HIV.

Namun bila seseorang beresiko tinggi tertular HIV, dan pada pemeriksaan menunjukkan hasil negatif, maka perlu diwaspadai window period dimana pemeriksaan terlalu awal sehingga antibodi atau antigen belum terdeteksi di dalam darah, sebaiknya lakukan pemeriksaan ulang beberapa minggu kemudian.

Bila hasil pemeriksaan Anda menunjukkan hasil positif, maka yang penting diperhatikan adalah segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam agar segera mendapat penanganan yang tepat untuk mencegah HIV cepat berkembang biak. Selain itu Anda juga perlu mengubah kebiasaan ketika berhubungan seksual dengan cara menggunakan kondom, dan hindari berganti-ganti pasangan, serta hindari memakai jarum suntik secara bergantian untuk mencegah penularan HIV.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara mencegah herpes kelamin pria adalah melakukan sunat

Herpes Kelamin Pria Dapat Dicegah dengan Sunat

Penyebab herpes kambuh adalah daya tahan tubuh melemah, kelelahan, dan stres psikis. Salah satu cara mencegah herpes kelamin pria adalah melakukan sunat. Dengan sunat, kulit berlebih pada kelamin pria ini dibuang sehingga virus tidak mudah masuk.