18 Apr 2021, 23:23Infeksi

Apa metode CLIA dapat mendeteksi HIV?

DY
Info Penanya: DY, Pria, 19 Tahun
tes metode CLIA apakah akurat buat Mendeteksi HIV
210 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, RGTerima kasih atas pertanyaannya.HIV adalah penyakit virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia dimana penularannya paling banyak karena hubungan seksual lalu penggunaan suntik bergantian, dari ibu ke janin yang dikandung. Pada seseorang yang melakukan aktivitas berisiko perlu skrining HIV yang dilakukan dengan melakukan kunjungan ke klinik VCT guna dilakukan konseling dan pemilihan pemeriksaan HIV.

Jenis-jenis pemeriksaan HIV yang dapat dilakukan :

  • Tes antibodi yang hanya melihat adanya antibodi tubuh terhadap virus HIV. Test ini dapat diambil dari darah maupun cairan mulut. 
  • Pemeriksaan kombinasi antibodi-antigen yang dilakukan untuk mendeteksi adanya antibodi terhadap virus HIV dan antigen HIV (p24).
  • NAT test atau pemeriksaan yang spesifik terhadap RNA dari virus HIV.
Metode CLIA adalah salah satu dari pemeriksaan antibodi-antigen yang dilakukan untuk melihat antibodi terhadap HIV juga antigen dari virus HIV yang cukup penting karna terkadang antibody memerlukan waktu lebih lama untuk terdeteksi sehingga dengan menggunakan kombinasi antigen-antibodi lebih akurat dideteksi.Yang perlu diketahui pada infeksi virus HIV ada suatu periode yang dinamakan periode jendela dimana virus baru berkembang dan akan terdeteksi jika terinfeksi.  Periode jendela HIV mulai dari 23 hari hingga 90 hari tergantung kondisi tubuh masing-maing.  Sehingga ketika test dilakukan pada periode ini kemungkinan akan negatif sehingga perlu dilakukan test ulang saat lebih dari 90 hari guna semakin memastikan kembali.  Kunjungi fasilitias kesehatan terdekat untuk melakukan skrining HIV.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hubungan seks beresikohivpenyakit menular seksualaids
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil