Apa merokok dan minum kopi mempengaruhi tekanan darah?

DW Info Penanya: DW, Pria, 28 Tahun
Beberapa hari yang lalu kepala saya sempet keleyengan, saya kira darah rendah biasa ternyata setelah saya cek saya mengalami darah tinggi, darah saya biasanya 120/80 dan kemaren setelah saya cek 133/83 dengan detak jantung 85 per menit, tetapi yang masih mengganjal adalah 30 menit sebelum saya cek tekanan darah saya ,saya ngerokok, makan baso dan minum kopi, apakah cek darah saya valid atau tidak dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DW,

Idealnya tekanan darah seseorang di kisaran 120/80, namun hal ini tentunya dipengaruhi oleh usia, faktor keturunan, penyakit-penyakit tertentu seperti diabetes, serangan jantung, penyakit ginjal, dll serta kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, kopi, dan pola tidur.

Kandungan kafein didalam kopi memang menyebabkan detak jantung berdebar lebih cepat sehingga seringkali muncul keluhan dada berdebar yang tentunya akan mempengaruhi tekanan darah, sehingga akan terjadi sedikit peningkatan tekanan darah.

Faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan tekanan darah seseorang adalah :
  1. Faktor kelelahan.
  2. Kondisi emosional seperti marah-marah.
  3. Merokok.
  4. Konsumsi alkohol dan kopi.
  5. Obesitas.

Kepala pusing bisa disebabkan oleh tekanan darah yang meningkat, paparan asap rokok, terlambat makan, kondisi suhu yang panas, dll.

Untuk menjaga agar tekanan darah Anda kembali normal, lakukan beberapa tips berikut ini :
  1. Kurangi asupan garam, hindari makanan yang terlalu asin.
  2. Hentikan kebiasaan merokok, konsumsi alkohol serta kurangi minum kopi.
  3. Jaga berat badan seideal mungkin.
  4. Lakukan olahraga 30 menit setiap hari.
  5. Kontrol suasana hati Anda, hindari marah-marah atau memendam emosi.
  6. Cukup istirahat.

Selain pencegahan-pencegahan di atas, lakukan kontrol tekanan darah secara berkala, atau lakukan konsultasi dengan dokter bila keluhan pusing menetap.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

otak beku saat memakan es krim terlalu cepat

Makan Es Krim Sebabkan Otak Beku, Mengapa Bisa Demikian?

Menikmati es krim, terutama saat cuaca sedang panas-panasnya, mungkin terasa sangat menyenangkan dan memuaskan dahaga. Meski demikian, ada satu hal yang mengganggu saat menyantap es krim, yakni Anda mengalami “otak beku” (brain freeze).