28 Mar 2021, 21:05Penyakit Lainnya

Apa merk minyak kelapa untuk memasak yang sehat?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dok, apa benar tidak semua merk minyak kelapa untuk masak baik bagi kesehatan? Lalu, apa jenis minyak kelapa yang baik untuk kesehatan?
321 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FF.Minyak kelapa berbeda dengan minyak kelapa sawit. Minyak kelapa dibuat dari kelapa tua, sehingga cenderung lebih sehat karena lebih stabil saat berada di suhu tinggi, dan tidak mudah teroksidasi sehingga menjadi radikal bebas. Akan tetapi, walaupun lebih sehat, tidak dianjurkan mengonsumsi minyak kelapa secara berlebihan; mengingat bahwa minyak kelapa juga tinggi akan lemak jenuh.

Jenis Minyak Kelapa

Minyak kelapa biasa (coconut oil) dibuat dengan cara mengeringkan dan menggiling daging kelapa. Kemudian, diberikan tambahan bahan kimia, misalnya bahan pelembab.Sedangkan virgin coconut oil (VCO) diolah dengan tahapan-tahapan yang lebih panjang. Pertama, dilakukan fermentasi. Kemudian, dipisahkan santan dan lapisan minyak pada kelapa. Barulah setelah itu, VCO didinginkan. Inilah yang membuat VCO lebih jernih dan tidak memiliki endapan, serta memiliki aroma yang lebih kuat seperti kelapa asli.Nah, coconut oil dan VCO memiliki fungsi yang berbeda pada saat memasak. Coconut oil dapat digunakan untuk menggoreng, sedangkan VCO tidak dianjurkan. Penggunaan VCO lebih disarankan untuk memanggang atau menumis makanan.Mengenai pertanyaan Anda terkait merk minyak kelapa, sayangnya tidak bisa disebutkan merk tertentu pada jawaban ini. Namun, Anda dapat mencoba berbelanja di swalayan dan membedakan antara coconut oil dan VCO, kemudian membeli yang cocok dengan cara memasak Anda.  Salam sehat,
dr Sylvia
makanan sehatmakanan mengandung omega 3tips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil