09 Feb 2021, 12:33Perut

Apa menu pendamping asi yang baik untuk bayi?

N
Info Penanya: N, Wanita, 28 Tahun
Dok, bulan depan anak saya memasuki umur 6 bulan dan waktunya untuk MPASI. Kira-kira menu pendamping asi yang baik untuk perkembangan bayi apa ya dok?
123 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat malam N,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Bayi yang sudah berusia 6 bulan, sudah boleh mengkonsumsi makanan pendamping ASI atau MPASI. Karena pada usia tersebut umumnya bayi sudah bisa menyangga kepalanya dengan tegak. Pada usia ini bayi sudah dapat menggerakan lidah dari depan ke belakang dengan lidahnya.
 Saluran pencernaan bayipun sudah mulai berkembang walau masih membutuhkan ASI. Bayi membutuhkan nutrisi tambahan seperti zat besi untuk melengkapi proses tumbuh kembangnya. Prinsip pemberian ASI dilakukan dengan tepat waktu, aman, dan makanan yang tepat.

Beberapa rekomendasi makanan MPASI :

  • Pilihan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral serta serat yang seimbang.
  • Konsumsi bubur atau sereal khusus bayi
  • Berikan kombinasi sayur dan buah yang baik untuk bayi
Pemberian makanan untuk bayi setidaknya diberikan 2-3 kali sehari dan diberikan 1 makanan selingan. Berikan makan bayi memang saat dia lapar, sebaiknya tidak memaksakan bayi untuk makan. Memberi makan bayi memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan sehingga ibu harus sabar dalam menghadapi setiap tantangan saat memberi makan bayi Anda.Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut sebaiknya, lakukanlah konsultasi ke dokter spesialis anak melalui online chat, ataupun Anda bisa melakukan pemeriksaan dan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis anak terdekat dari lokasi Anda.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
mpasiresep mpasitumbuh kembang anak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil