Apa manfaat tepung berprotein tinggi?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Hi dokter, saya agak kebingungan nih. Apasih maksudnya tepung protein tinggi? Apa manfaatnya dibandingkan tepung biasa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Tepung protein tinggi adalah tepung dengan kandungan gluten lebih banyak. Gluten bersifat kedap air, sehingga tepung protein tinggi mampu mengikat udara lebih banyak. Karena itu, tepung ini elastis dan mudah digiling. Saat menjadi adonan, tepung protein tinggi mampu mengembang dengan baik, sehingga cocok dijadikan donat, kue sus, roti tawar, maupun roti manis.

Tepung protein tinggi mengandung 13-14% protein. Protein adalah salah satu jenis zat gizi makro yang memiliki peranan penting bagi fungsi tubuh. Manfaat protein di antaranya memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, membantu pembentukan otot, dan membantu proses produksi hormon. Selain itu, mengonsumsi makanan berprotein juga membuat rasa kenyang lebih tahan lama.

Selain dari tepung protein tinggi, Anda juga bisa mendapat protein dari makanan lainnya seperti tahu, tempe, kacang-kacangan, biji-bijian, daging sapi, ayam, dan telur. Anda tinggal memilih mana yang sesuai bagi Anda, sejauh mencukupi asupan protein harian. Untuk informasi lebih lanjut atau jika Anda membutuhkan menu khusus tinggi protein, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis gizi.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Telur setengah matang bermanfaat tetapi juga berbahaya

Menimbang Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Telur Setengah Matang

Di balik kenikmatan telur setengah matang, tersimpan manfaat dan bahaya untuk kesehatan. Apa saja manfaat yang bisa didapat dan bahaya yang perlu diperhatikan dalam telur setengah matang?