Apa manfaat sarang semut untuk kesehatan?

WI Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Dok, ayah saya sejak beberapa bulan lalu sering mengonsumsi sarang semut. Sebenarnya manfaatnya apa sih, dok? Apakah benar bisa menyembuhkan penyakit jantung?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, WI.

 

Sudah sejak dahulu kala pengobatan tradisional menjadi pilihan utama sebelum pasien ke dokter dan akan mendapatkan penanganan medis berupa obat kimia. Salah satu jenis pengobatan tradisional tersebut adalah sarang semut. Ternyata belakangan diketahui manfaat dari sarang semut sebagai pengobatan.

Berikut ini merupakan manfaat sarang semut sebagai media pengobatan:

  • Kandungan mineral, kalium, dan kalsium yang tinggi pada sarang semut, ternyata mampu mengatasi berbagai gejala penyakit jantung.
  • Sebagai pendamping obat kemoterapi kanker.
  • Sebagai antiradang dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk untuk daya tahan tubuh karena mengandung senyawa flavonoid.
  • Senyawa tannin pada sarang semut juga berfungsi sebagai antibakteri dan antivirus.

Dari sekian banyak manfaat yang didapat dari mengonsumsi sarang semut ternyata tidak ada efek samping sehingga aman digunakan sebagai pendampingan terapi oleh dokter. 

Terkait dengan pertanyaan Anda memang salah satu manfaat dari sarang semut sebagai pengobatan jantung dapat dibenarkan namun sebaiknya tetap lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis jantung ya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya sarang semut direbus dan diminum rutin setiap hari selama satu bulan, namun jangan lupa tetap makan sehat dengan memperbanyak sayur dan buah, minum air mineral minimal 2L/hari, berolahraga teratur dan istirahat yang cukup ya.

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

 

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab jantung koroner adalah penyumbatan aliran darah ke jantung

Kenali Penyebab Jantung Koroner dan Cara Pencegahannya

Penyebab jantung koroner adalah terjadinya penyumbatan atau penyempitan aliran darah ke jantung. Gejala yang muncul biasanya napas terasa pendek dan sesak.