09 Feb 2021, 08:22Penyakit Lainnya

Apa manfaat minyak zaitun untuk masak?

P
Info Penanya: P0
Dok, sekarang ini teman-teman saya lebih sering menggunakan minyak zaitun untuk masak dibandingkan minyak lainnya. Apa manfaat minyak zaitun untuk masak? Bolehkan minyak zaitun digunakan berulang-ulang untuk memasak seperti minyak lainnya?
429 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi POMinyak zaitun terkenal dengan sebutan minyak sehat yang memiliki berbagai kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan minyak lainnya. Minyak zaitun memiliki kandungan omega-3, vitamin E dan aktioksidan serta rendah lemak trans yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan dan perawatan tubuh.Berbagai jenis minyak memiliki titik didih yang berbeda-beda. Pada dasarnya apabila minyak dipanaskan melebihi titik didihnya atau dipanaskan berulang-ulang kali, maka unsur-unsur di dalamnya akan rusak serta tinggi lemak jenuh sehingga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Minyak zaitun memiliki titik didih di 242 derajat celcius.

Menggunakan Minyak Zaitun Berulang Kali

Anda boleh mengulang penggunaan minyak zaitun pada proses memasak di bawah 200 derajat celcius. Tetapi sebaiknya menghindari penggunaan minyak yang berulang-ulang kali. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan minyak zaitun sisa atau bekas pakai:
  • Hindari minyak tercampur dengan air
  • Saring terlebih dahulu sebelum menyimpan
  • Simpan dalam tempat berbahan kaca gelap dan tertutup rapat
  • Minyak bekas tidak disarankan dikonsumsi sebagai dressing atau bumbu
  • Jangan mencampur minyak bekas dengan baru
  • Jangan konsumsi bila minyak sudah berwarna menjadi lebih gelap
Meski demikian minyak zaitun disarankan lebih baik digunakan untuk menumis atau  dikonsumsi langsung dengan menambahkan ke dalam makanan atau sebagai bumbu salad (salad dressing) agar bisa didapatkan manfaatnya bagi kesehatan.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
tren kesehatantips kesehatanmenjaga kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil