Apa manfaat minyak biawak untuk kesehatan?

A Info Penanya: A
Siang dok, teman saya baru saja pulang dari dinas dan membawakan saya minyak biawak. Apa ini aman digunakan untuk kesehatan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

Minyak biawak adalah minyak yang dibuat atau diproses dari daging dan lemak tubuh hewan biawak. Proses pembuatannya sendiri adalah dengan melelehkan atau memanaskan daging dan lemak biawak sampai lemak mencair dan menjadi minyak.

Minyak biawak sendiri dipercaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan seperti mengatasi masalah kulit seperti gatal-gatal, eksim, kulit kering dan lainnya. Selain itu ada juga yang percaya minyak biawak bisa memberikan efek pada organ vital.

Beberapa penelitian pernah dilakukan salah satunya untuk menguji manfaat minyak biawak pada luka bakar di tubuh kelinci dan didapatkan cukup efektif pada kelinci dan memperlihatkan percepatan penyembuhan luka bakar. Meskipun begitu, manfaat dari minyak biawak sendiri masih perlu diteliti lebih lanjut terutama pada manusia. 

Apabila timbul kemerahan, rasa gatal ataupun kulit menjadi timbul ruam sampai luka perih maka bisa menandakan reaksi alergi ataupun gejala dermatitis kontak dan perlu menghindari untuk menggunakan minyak tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Psoriasis vulgaris menyebabkan bercak merah (dengan tekstur bersisik) dan radang yang menutupi kulit kepala, lutut, dan siku.

Mengenal Penyakit Kulit Psoriasis Vulgaris dan Jenis Psoriasis Lainnya

Psoriasis vulgaris merupakan bentuk umum dari penyakit kulit psoriasis. Selain psoriasis vulgaris, masih banyak jenis psoriasis lainnya, yang Anda harus tahu. Apa saja gejala dan cara mengobatinya?