Apa manfaat minum air putih setelah bangun tidur?

WI Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Dok, kemarin teman-teman saya heboh mengenai manfaat minum air putih setelah bangun tidur. Katanya ini bisa melancarkan pencernaan dok? Memangnya begitu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WI.

 

Air putih merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, sebab 50% sampai dengan 60% yang menyusun komposisi tubuh. Selain itu mengonsumsi banyak air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan. Makan tak heran jika para ahli menyarankan untuk selalu mengonsumsi air putih bahkan ketika bangun dari tidur.

Beberapa manfaat air putih yang baik untuk kesehatan, adalah sebagai berikut:

  1. Dapat melancarkan sistem pencernaan.
  2. Menjaga keseimbangan suhu tubuh.
  3. Membersihkan ginjal dari kotoran sisa zat metabolisme.
  4. Mengeluarkan racun didalam tubuh.
  5. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.
  6. Mengendalikan nafsu makan.
  7. Meningkatkan metabolisme tubuh.

Terkait dengan pertanyaan yang Anda ajukan, benar adanya bahwa air putih dapat memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan. Sehingga disarankan untuk selalu mengonsumsi air putih secara teratur ya. Jika kurang minum air putih tubuh akan berbahaya mengalami dehidrasi yang akan berakibat fatal pada kesehatan tubuh seperti bibir kering, dan lemas. Konsultasikan kepada dokter penyakit dalam jika hal ini terjadi pada diri Anda.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan konsumsi air putih bagi pria minimal 3,7 liter/hari sedangkan bagi wanita anjuran konsumsi air putih sebanyak 2,7 liter/hari, saat bangun tidur usahakan konsumsi air putih sebanyak 1-2 gelas, selain itu penting juga untuk olahraga teratur, makan banyak buah dan sayur serta hindari stres.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kalori labu siam yang rendah membuatnya cocok menjadi panganan program diet

Sangat Cocok untuk Diet, Berapa Sebenarnya Kalori Labu Siam?

Kalori labu siam amatlah rendah, yakni hanya sekitar 39 untuk rata-rata satu buah. Kalori labu siam yang rendah tersebut membuatnya cocok disisipkan dalam program diet penurunan berat badan. Jenis labu ini juga tinggi serat, rendah lemak, dan mengandung beragam nutrisi mikro.