Apa manfaat kacang arab untuk kesehatan?

ZF Info Penanya: ZF, Wanita, 36 Tahun
Apakah guna kacang arab?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ZF,

Manfaat mengonsumsi kacang adalah sebagai salah satu bahan pangan yang memiliki nutrisi seperti protein, karbohidrat, serat, lemak, kolesterol baik atau HDL, dan kandungan vitamin serta mineral. Jenis kacang yang bisa dikonsumsi sendiri beragam seperti kacang almond, kacang merah, kacang tanah, kacang kedelai, kacang mete, hazelnut, kacang macademia, kacang pistachio atau lainnya. 

Kacang arab sendiri memiliki kandungan gizi yang hampir sama dengan kacang lain seperti kacang lain yaitu mengandung lemak, protein, karbohidrat, serat, zat besi, magnesium, vitamin seperti vitamin B6 dan vitamin K, fosfor, dan mineral lainnya. Kandungan ini yang baik untuk kesehatan seperti baik untuk sumber pangan, serat, tulang, dan otot.

Tetapi perlu diingat kacang juga bisa memicu alergi dan perlu dihindari konsumsinya jika memiliki riwayat alergi kacang. Jika dikonsumsi berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan karena kandungan purin yang ada di dalam kacang yang diolah tubuh menjadi asam urat dan juga jika diolah dengan cara digoreng maka perlu dibatasi agar tidak menimbulkan koleterol berlebih. Batasi sekitar 25 gram setiap harinya untuk mencegah penumpukan asam urat pada tubuh. Perbanyak minum air putih juga untuk membantu menghindari kelebihan asam urat. Konsultasikan dan periksakan diri jika timbul keluhan nyeri-nyeri setelah mengonsumsi kacang pada dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Daging sapi juga menjadi salah satu sumber protein yang baik

Makanan Sumber Protein yang Mudah untuk Ditemukan

Protein dikenal sebagai salah satu zat gizi makro, yang memegang peranan penting untuk kinerja tubuh. Protein juga menjadi andalan bagi Anda yang ingin membentuk otot, hingga menurunkan berat badan. Sumber protein sangat mudah Anda temukan, mulai dari produk unggas, makanan laut, sayuran, hingga buah-buahan.