04 Oct 2021, 12:52Penyakit Lainnya

Apa manfaat gym bagi sistem reproduksi pria?

F
Info Penanya: F, Wanita, 27 Tahun
Dok, apa benar pria yang suka gym memberikan manfaat positif bagi reporduksinya? apa manfaat gym bagi sistem reproduksi pria?selain manfaat ada efek samping dari gym untuk sistem reproduksi pria? Selain gym, jenis olahraga yang bisa meningkatkan kesuburan pria apa dok?
106 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaannya. Gym atau fitness adalah olahraga yang dilakukan berupa olahraga yang meningkatkan kerja jantung, meningkatkan massa otot serta mengatur keseimbangan dan koordinasi tubuh.  Selain untuk kesehatan tubuh, gym dapat bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan mental dan juga reproduksi baik pria maupun wanita. 

Manfaat gym bagi sistem reproduksi pria :

  • Meningkatkan aliran darah sehingga stamina maksimal yang membuat saat ereksi akan lebih maksimal dan lebih tahan lama sehingga mencegah disfungsi ereksi. 
  • Mengurangi lemak tubuh sehingga berat badan menjadi ideal dan mencegah timbulnya gangguan ereksi dan ejakulasi akibat obesitas. 
  • Mencegah obesitas sehingga dapat menurunkan risiko penurunan jumlah sperma, perubahan hormonal akibat obesitas. 
  • Menurunkan risiko peradangan sehingga meningkatkan sperma yang berkualitas.  
Selain gym, olahraga lain seperti core training berupa pushup, planks, cruches juga dapat membantu membentuk otot.  Tidak ketinggalan senam kegel dapat membantu meningkatkan otot pelvis yang berpengaruh terhadap fungsi dan aktivitas seksual.  Walaupun gym memang dikatakan bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan ketahanan reproduksi pria namun olahraga disarankan intensitasitasnya tidak terlalu tinggi dan jangan terlalu dipaksakan karena pada beberapa pria yang fitness terlalu sering dan intensitas tinggi malah mengalami efek samping berupa penurunan gairah seksual, iritasi prostat, dan penurunan hormon testosteron.Untuk itu disarankan olahraga rutin dengan intensitas yang cukup sesuai kemampuan masing-masing dan dibantu juga dengan pola hidup sehat lainnya seperti makan sehat, hindari merokok dan alkohol, kelola stres dan kurangi begadang.  Konsultasi dengan dokter spesialis kedokteran olahraga terkait olahraga yang sesuai dengan kebutuhan anda.  Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat, dr. Farah
olahragadisfungsi ereksifitnessejakulasi dinireproduksi priapola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil