Apa manfaat es batu dan lidah buaya untuk wajah?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, sebenarnya apa manfaat es batu dan lidah buaya untuk wajah? Apa benar bisa menghilangkan bekas kemerahan jerawat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam L,

Jerawat adalah salah satu masalah sepele pada kulit namun kehadirannya akan sangat mengganggu karena mengurangi rasa percaya diri seseorang. Berbagai upaya dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencegah tumbuhnya jerawat.

Pada jerawat sering timbul kemerahan sebagai tanda adanya proses peradangan, hal ini terjadi akibat folikel rambut tersumbat oleh minyak dan debu dan terinfeksi oleh bakteri yang ada di lapisan kulit.

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat yang meradang adalah:

  • Kompres dengan es batu.
  • Oleskan salep benzoil peroksida.
  • Gunakan masker lidah buaya secara teratur. Namun bila muncul reaksi kemerahan, gatal, kulit seperti terbakar maka segera hentikan dan bilas dengan air hangat.

Selain menggunakan masker lidah buaya, Anda juga bisa mencoba bahan-bahan alami lainnya seperti jeruk lemon, tomat, madu, timun, alpukat, putih telur, dll. Yang perlu diperhatikan adalah gunakan masker secara teratur dan gunakan tabir surya dengan SPF di atas 30 untuk menjaga kulit dari sengatan sinar matahari. Dan hindari penggunaan sabun yang mengandung butiran kasar atau scrub bila wajah Anda sedang berjerawat karena kulit akan semakin teriritasi.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kulit bila dirasa wajah Anda tidak ada perbaikan.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat sawi hijau akan lebih optimal bila sayur ini diolah ketika masih segar

Manfaat Sawi Hijau Sebagai Sumber Antioksidan

Sawi hijau adalah sayuran yang populer di Indonesia, disajikan sebagai lalap atau diolah dalam berbagai masakan. Berkat kandungan nutrisinya yang beragam, manfaat sawi hijau bagi kesehatan kita juga beragam.