21 Sep 2021, 06:15Penyakit Lainnya

Manfaat diet hormon dalam menurunkan berat badan

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Dokter, kenapa ya saya sulit untuk menurunkan berat badan? Beberapa program diet sudah saya coba. Tapi teman saya menyarankan untuk mencoba diet hormon. Apa itu diet hormon? Apa manfaatnya dan efek sampingnya, dok?
124 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Sl.Sebagian wanita memiliki tubuh yang ramping dan ideal. Namun beberapa wanita memiliki tubuh gemuk yang membuat tidak percaya diri terutama jika berat badan tidak kunjung menurun setelah melakukan berbagai jenis diet.

Apa manfaat diet hormon, apakah efektif menurunkan berat badan ?

Salah satu program diet yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan yaitu diet hormon. Diet hormon merupakan program diet yang bertujuan untuk menyeimbangkan hormon di tubuh. Jika hormon stabil maka seseorang akan dapat mengatur pola makan serta suasana hatinya sehingga secara tidak langsung dapat menurunkan berat badan. Beberapa hormon yang dapat distabilkan melalui program diet hormon antara lain :
  • Hormon leptin, hormon ini dapat mengendalikan rasa lapar dan nafsu makan.
  • Hormon kortisol yang memicu stress dan dapat membuat Anda terus makan.
  • Hormon insulin yang mengendalikan kadar gula di tubuh.
  • Serotonin dimana hormon ini membuat Anda lebih tenang dan mencegah stress.
Manfaat dari diet hormon tidak hanya menyeimbangkan hormon saja tapi juga membuat hidup Anda jauh lebih sehat, tidak stress dan tentunya menurunkan berat badan perlahan. Efek samping dari diet hormon, umumnya tidak ada karena diet hormon tidak membatasi konsumsi makanan yang ekstrim sehingga tubuh tetap dapat nutrisi.Namun jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang program diet hormon, ada baiknya untuk melakukan konsultasi ke dokter spesialis gizi. Jangan lupa untuk mengimbangkan program diet Anda dengan olahraga ya.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tips dietmakanan dietdiet sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil