17 Feb 2021, 16:01Pernapasan

Apa manfaat dari permen mint bagi tenggorokan?

F
Info Penanya: F, Wanita, 26 Tahun
Dokter, saya sering sekali mengalami tenggorokan kering dan juga pahit ketika menelan. Lalu, saya diberitahu teman untuk mengonsumsi permen mint sebagai upaya pertolongan pertama. Apa manfaat dari permen mint bagi tenggorokan?
429 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, FTerima kasih atas pertanyaannya.Tenggorokan kering biasanya terjadi pada seseorang yang kurang asupan cairan, akan mengalami batuk atau flu, banyak makan gorengan, berminyak, pedas, kopi sehingga asam lambung naik, infeksi pada tenggorokan.  Sedangkan rasa pahit di mulut saat menelan dapat terjadi ketika mulut kering, asam lambung yang naik, ataupun tubuh sedang mengalami infeksi.Permen mint itu sendiri mengandung beberapa zat salah satunya adalah ekstrak peppermint yang dihasilkan oleh jenis tumbuhan mint.  Tumbuhan ini diproses hingga menghasilkan minyak esensial.  Dari minyak ini lah, dicampurkan pada bahan-bahan seperti pembuatan sabun, makanan termasuk permen pelega tenggorokan. 

Manfaat penggunaan peppermint :

  • Meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan dan perut akibat asam lambung yang naik.
  • Mentol pada peppermint dapat mengurangi rasa sakit dikepala.
  • Rasa mint dapat menyegarkan bau mulut serta dapat menjadi antikuman di mulut sehingga sering digunakan pada obat kumur.
  • Mentol juga dapat membuat saluran pernapasan menjadi lega.
Manfaat ini tentunya dapat berbeda pada setiap orang namun tidak ada salahnya untuk mencoba karena mentol dikatakan dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman di tenggorokan.  Tetapi bukan berarti konsumsi permen berlebihan karena selain ekstrak mint, ada kandungan lain seperti pemanis buatan yang jika terlalu banyak malah akan memicu tenggorokan gatal.  Untuk itu, gunakan secukupnya saja lalu perbanyak air putih hangat, serta kurangi makanan dan minuman yang mencetuskan iritasi pada tenggorokan.  Periksa dokter jika keluhan anda tidak membaik. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
radang tenggorokaninfeksi saluran pernapasansakit tenggorokan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil