Apa manfaat dan efek negatif onani bagi tubuh?

GC Info Penanya: GC, Pria
Selamat sore dok saya mau tanya tadi pagi kan saya olahraga fisik terus habis asar saya onani,apakah fisik tadi pagi siasia?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore GC,

Pada manusia terdapat hormon yang berguna untuk membantu berlangsungnya sistem di tubuh manusia baik metabolisme, ekskresi maupun reproduksi. Pada pria dewasa terdapat hormon yang berhubungan dengan sistem reproduksi yakni hormon testosteron yang berguna diantaranya membuat dada pria lebih bidang, tumbuhnya kumis dan jengot, suara pria lebih berat/keras dll. Selain itu berfungsi juga pada proses reproduksi yakni pematangan sperma.

Produksi sperma pada pria terjadi di dalam testis atau buah zakar dimana terdapat beberapa kondisi yang menjadikan produksi dan pematangan sperma lebih efektif, diantaranya suhu (pada suhu kamar 27 derajat produksi sperma lebih baik daripada suhu yg lebih tinggi, hal ini disimpulkan semakin panas suhu udara produksi sperma kurang maksimal), selain itu pada seseorang yang hobi olahraga produksi sperma lebih baik hal ini dikarenakan saat olahraga aliran darah dialirkan secara maksimal ke testis sebagai pabrik penghasil sperma. Oleh karena itu sering didapatkan gairah seksual lebih besar setelah melakukan olahraga fisik.

Beberapa manfaat melakukan onani diantaranya :

  1. Meningkatkan hormon kortisol yang berguna menghilangkan stress.
  2. Membantu memperkuat otot disekitar panggul
  3. Memberikan efek bahagia dan relaks, disebabkan setelah onani hormon dopamin atau disebut hormon rasa bahagia meningkat.

adapun efek negatif melakukan onani diantaranya :

  1. Iritasi pada kulit sampai bengkok pada penis, hal ini dikarenakan gesekan atau paksaan yang terlalu keras dan kencang saat melakukan onani.
  2. Ejakulasi dini.
  3. Timbul rasa malu dan bersalah setelah melakukan onani.
  4. Ketagihan berlebih terhadap onani,hal ini disebabkan kesenangan terhadap onani menjadikan seorang menjadi terbiasa dan pada level kronis orang tersebut tidak bisa tidur tanpa onani terlebih dahulu.
  5. Memperbesar terjadinya kanker prostat terutama pada pria lebih muda.

Ada pentingnya Anda mempertimbangkan antara efek positif dan negatif sebelum melakukan onani agar Anda lebih bijak dalam menjaga kesehatan baik kesehatan tubuh maupun kesehatan organ reproduksi.semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas adalah keputihan yang tipis dan berbau tidak sedap

Kenali Peradangan Vagina akibat Vaginosis Bakteri Ini

Vaginitis dapat terjadi pada setiap wanita dan membuat area kewanitaan Anda terasa tidak nyaman. Penyebab paling umum dari vaginitis adalah vaginosis bakteri. Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas, yaitu keputihan yang tipis, berwarna abu-abu atau putih susu, bau menyengat yang tak sedap. Penggunaan sabun beraroma dapat meningkatkan risiko wanita terkena vanginosis bakteri hingga menyebabkan terjadinya vaginitis.