23 Sep 2021, 08:50Kandungan

Apa manfaat bawang putih untuk ibu hamil?

SL
Info Penanya: SL0
Dokter, saya sedang hamil 20 minggu dan orangtua saya selalu memberikan bawang putih bakar untuk di makan. Apa benar ada manfaat bawang putih untuk ibu hamil? Kandungan bawang putih yang mana yang baik untuk ibu hamil? Adakah efek sampingnya dok?
62 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, SLTerima kasih atas pertanyaan AndaBawang putih adalah salah satu tanaman rempah berupa umbi-umbian yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Bawang putih mengandung protein, karohidrat, serat, kalsium, magnesium, kalium, vitamin B1, vitamin C, zat besi, salenium, dan beberapa zat aktif seperti sulfur, s-alllyl cysteine dan diallyl sulfide. Bahkan, bila dikunyah dalam kondisi mentah, zat aktif ini akan membentuk suatu senyawa yang disebut allicin.  Oleh sebab itu, bawang putih mempunyai bberapa menfaat, termasuk bermanfaat bagi ibu hamil.

Adapun beberapa menfaat bawang putih untuk ibu hamil diantaranya adalah:

  • Baik untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit
  • Membantu dalam mencegah terjadinya infeksi
  • Membantu mengurangi risiko terjadinya preeklamsia
  • Membantu meningkatkan berat badan bayi
  • Mengurangi risiko terjadinya kanker selama hamil
  • Membantu menurunkan kolesterol
  • Menjaga kesehatan jantung
Meskipun memiliki beberapa kandungan yang yang baik untuk tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan, namun alangkah baiknya jika mengonsumsi nawang putih secukupnya dan tidak secara berlebihan. Konsumsi bawang putih berlebihan pada ibu hamil tentunya memiliki risiko, adapun beberapa kemungkinan risiko yang terjadi adalah masalah pencernaan, bau mulut, dan lain sebagainya. Untuk itu, alangkah baiknya melakukan konsultasi ke dokter spesialis kandungan terkait kondisi kesehatan kandungan agar disesuaikan dengan kebutuhan gizi dan nutrisi serta disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.Pastikan Anda tetap konsumsi makanan sehat bergizi untuk ibu hamil, hindari kelelahan, rutin memeriksakan kandungan minimal empat kali selama masa kehamilan, hindari kelelahan dan beristirahatlah dengan cukup agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
makanan sehatnutrisi ibu hamilibu hamilbawang putih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil