Apa kenaikan SGOT, SGPT, gamma GT menandakan kerusakan hati?

BA Info Penanya: BA
pagi dok saya mau tanya,,,apakah ada kemungkinan kenaikan sgot sgpt gama gt karena kerusakan hati??ditandai dengan gejala sesak nafas,perut buncit,kaki bengkak,,apakah harus ada pemeriksaan lanjutan mengenai keluhan ini,,?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi BAS,

SGOT, SGPT, gamma GT merupakan enzim-enzim yang diproduksi oleh tubuh terutama di organ hati (liver) meskipun juga dapat ditemukan di otot, jantung serta ginjal dalam jumlah kecil. Peningkatan kadar SGOT, SGPT menandakan adanya masalah di organ hati, sedangkan peningkatan gamma GT bisa terjadi akibat adanya gangguan pada hati dan kandung empedu.

Banyak hal yang dapat menyebabkan gangguan pada hati seperti kelelahan, infeksi virus, adanya perlemakan hati, kebiasaan konsumsi alkohol, dll. Hal yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar peningkatan yang terjadi pada enzim SGOT, SGPT, gamma GT dan keluhan apa yang menyertainya.

Yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan organ hati adalah dengan cara :
  1. Cukup istirahat.
  2. Hindari konsumsi alkohol.
  3. Hindari makanan berlemak.
  4. Jaga berat badan seideal mungkin.

Bila kadar SGOT, SGPT, gamma GT Anda meningkat diatas normal, ada keluhan mata kuning, demam, mual, muntah maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hepatitis C menular apabila terjadi kontak langsung dengan darah dari penderita Hepatitis C.

Apakah Hepatitis C Menular Lewat Hubungan Seks?

Ada berbagai pertanyaan tentang penyakit Hepatitis C dan penularannya. Cari tahu jawabannya di sini.