Apa kelenjar getah bening bisa menyebabkan kanker payudara?

K Info Penanya: K, Wanita, 18 Tahun
Dokter,saya ingin bertanya. Apakah kelenjar getah bening bisa menyebabkan kanker payudara?terimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi K,

Kelenjar getah bening merupakan kelenjar yang berperan untuk menyaring cairan getah bening yang mengalir pada saluran limda diseluruh tubuh. Oleh sebab itu lokasinya ada beberapa di tubuh. Kelenjar ini dapat membengkak diakibatkan beragam hal seperti adanya infeksi pada tubuh, infeksi pada kelenjar getah bening itu sendiri, penyumbatan aliran limfe, atau karena metastasis dari keganasan.

Kelenjar getah bening sendiri bukan penyebab kanker payudara. Kanker payudara dapat terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berpengaruh seperti:

  • Jenis kelamin wanita 
  • Riwayat kanker pada keluarga
  • Riwayat benjolan payudara sebelumnya
  • Faktor genetik 
  • Paparan karsinogenik
  • Gaya hidup
  • dan sejumlah faktor lainnya

Apabila ada benjolan pada payudara hal tersebut juga dapat disebabkan oleh beragam penyebab, tidak selalu pasti karena kanker payudara. Untuk itu penting melakukan deteksi dini dan juga pemeriksaan dini dengan metode periksa payudara sendiri (SADARI) sehingga jika dirasa ada perbedaan atau merasa ada gangguan pada payudara dapat segera dilakukan pemeriksaan oleh dokter dan dicari tahu penyebabnya.

Anda juga dapat membaca artikel mengenai ciri-ciri kanker payudara. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vaksin HPV dapat mengurangi risiko terjadinya kanker vulva

Ketahui, Inilah 5 Tiipe Sel Kanker Vulva yang Berisiko Dialami Wanita!

Kanker vulva umumnya berbentuk benjolan atau luka di kulit bagian luar kemaluan wanita yang menimbulkan rasa gatal. Penyakit ini memiliki beberapa tipe sel kanker yang memiliki gejala yang khas.