Apa kejang demam anak berpengaruh pada otak?

SN Info Penanya: SN
Ank saya dulu masih baby kena skt stif ap pengaruh dgn otakny tp saya kasih vitamin otak terus
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SN,

Step pada anak atau kejang demam pada anak adalah kondisi timbulnya kejang akibat suhu tubuh anak yang tinggi. Kejang dapat timbul seluruh badan atau anak tampak mendelik dan tubuh kaku. Timbul ketika suhu anak demam dimana awalnya pada suhu yang tinggi diatas 39 derajat celsius tetapi bisa terjadi pada suhu yang lebih rendah jika kejang berulang. Kejang demam sendiri terjadi pada anak usia 6 bulan - 6 tahun dimana jika lebih sering atau terjadi lebih dari usia tersebut bisa disebabkan oleh penyebab lain seperti misalnya epilepsi.

Kejang demam dapat berpengaruh pada otak dan kondisi anak secara umum jika kejang tidak segera ditangani atau kejang terjadi dalam waktu lama, kejang berulang dalam 24 jam, dimana otak bisa tidak mendapat suplai oksigen yang bisa mengancam.

Tetapi jika hanya terjadi 1 kali dan tidak berlangsung lama maka tidak perlu dikhawatirkan. Kondisi ini bisa tidak berpengaruh pada tumbuh kembang anak kedepannya tetapi perlu diwaspadai jika anak demam perlu segera ditangani agar tidak memicu timbulnya kejang. Tetap tenang ketika anak kejang dan lakukan kontrol berkala pada dokter anak untuk memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak agar sesuai usianya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan interaksi sosial seperti suka menyendiri termasuk salah satu ciri ciri anak autis

Mengenal Lebih Jauh Seputar Autisme pada Anak

Autisme adalah gangguan perkembangan anak yang menyebabkan kemampuan berkomunikasi dan interaksinya terganggu. Ciri ciri anak autis meliputi gangguan komunikasi, perilaku stereotip, hingga gangguan interaksi sosial